Recent Posts

Saturday, June 9, 2012

Dorong Proyek Tol, RUU Pengadaan Lahan Dikebut Rampung Juli

share”>

placeholder


Foto: dok.detikFinance

Jakarta -
Salah satu produk hukum penting untuk mendukung pelaksanaan rencana aksi percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi adalah RUU mengenai pengadaan lahan bagi pembangunan dan proyek infrastruktur. Pemerintah berharap produk hukum tersebut tuntas dibahas oleh DPR dan disahkan sebagai UU pada Juli mendatang.

“Seluruh fraksi di DPR menyatakan penting untuk segera diselesaikan dan kami harapkan pada bulan Juli rancangan UU itu bisa jadi UU,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam rapat rencana induk percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi di Istana Bogor, Bogor, Selasa (19/4/2011).

Masalah pembebasan lahan merupakan salah satu yang menjadi perhatian kalangan pengusaha dalam rapat yang berlangsung dua hari itu. Akibat terbentur pada pengadaan lahan, tidak sedikit proyek pembangunan ruas jalan tol yang dan infrastruktur lain yang akhirnya mangkrak selama belasan tahun.

Presiden SBY di dalam pidatonya juga menyinggung masalah proyek infrastruktur yang mangkrak gara-gara tindak tuntasnya urusan pembebasan lahan. Menurutnya pihak pemerintah daerah terkait juga berkewajiban menangani masalah tersebut agar pembangunan di daerah juga terus terhambat.

“Yang penting rakyat tidak dirugikan,” wanti SBY.

Lebih lanjut dia membandingkan proses pembebasan lahan yang berlangsung di era Orde Baru.

Di masa pemerintahan sentratlistik kala itu, pemerintah bisa berbuat banyak untuk pembebasan lahan sehingga tidak terjadi banyak masalah dibanding dengan yang terjadi di era demokrasi dan otonomi daerah sekarang ini.

“Cara seperti dahulu tidak mungkin lagi dilakukan. Tapi yang serba tidak pasti jangan dibiarkan. Jangan kita sudah ketuk palu untuk pembangunan lalu terhambat di sana sini,” tegas SBY.

(lh/dnl)

GRATIS! puluhan voucher pulsa! ikuti terus berita dari DetikFinance di Hape-mu.
Ketik REG FIN kirim ke 3845 (khusus pelanggan Indosat Rp.1300/hari)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga :

  • Cihuy! Tol Rorotan Cilincing Gratis Sampai Akhir Mei 2011
  • Kementerian PU: Tarif Naik, Jalan Tol Tak Boleh Berlubang
  • Hatta Capek Infrastruktur RI Hanya Sebatas Desain
Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/nMoG/~3/1E2lNCQKfOo/dorong-proyek-tol-ruu-pengadaan-lahan-dikebut-rampung-juli

No comments:

Post a Comment