Recent Posts

Saturday, April 14, 2012

Uji Tanjakan Gran Max dan Luxio

share”>

maxxio dalam


Maxxio saat uji tanjakan
bannerpromo allproperty detikinet 200x400

Jakarta – Pengguna mobil Daihatsu Gran Max dan Luxio banyak yang mengeluh kedua mobil itu tidak dapat menanjak ketika mobil diisi dengan 5 orang penumpang. Komunitas Gran Max dan Luxio yakni Maxxio pun melakukan uji tanjakan.

Uji tanjakan digelar di Desa Cigaretek, Sukabumi, Jawa Barat, 3 April 2011 lalu. Uji tanjakan dilakukan posisi mobil berhenti di tengah-tengah tanjakan lalu diisi penumpang 5 orang. Hasilnya?

“Mobil diisi satu orang, mobil naik (menanjak), 2 orang, mobil masih bisa naik, diisi 3 orang mobil sudah mau berubah, dan ketika diisi 5 orang yang bobotnya gede, ternyata tidak dapat menanjak dengan diisi full penumpang,” ujar Humas Maxxio Yodi Anugraha kepada detikOto.

Yodi membeberkan, di komunitas Maxxio banyak sekali yang mengeluhkan mobilnya tidak kuat ketika menemui tanjakan. Bahkan ketika mobil berhenti di tengah tanjakan dan langsung gas, mobil kadang mundur lagi. detikOto dalam tes drive Luxio ke Jawa Tengah memang menemukan agak berat ketika memasuki tanjakan.

Maxxio yang berisi sekitar 150 member ini pun langsung mengutak-atik Luxio dan Gran Max. “Rupanya salah satu masalahnya ada di sistem exhaust,” ujar Yodi.

Untuk mengakali Luxio/Gran Max yang berat di tanjakan, cukup mengganti header knalpot full custom, catalytic converter (CC) dan menambahkan HCS hydrogen crack system. Mengganti header Rp 750 ribu dan CC Rp 350 ribu . “Itu sudah cukup mampu,” ujarnya. Mobil yang tadinya loyo di tanjakan, menurut Yodi, kini jago tanjakan.

 

haeder

Header lama (atas dan kiri bawah), header baru (kanan bawah)

 

Namun Yodi menuturkan, jika header dan catalytic converter diganti, emisi Hidrokarbonnya bakal sedikit di ambang batas yakni 200 ppm. “Kalau mau lulus uji emisi di bawah cukup ganti header saja, tapi kalau ingin ke luar kota, dan sering menemui tanjakan sekalian mengganti catalytic converternya,” jelasnya.

Sementara HCS merupakan sistem untuk membuat Gran Max atau Luxio-nya makin irit BBM. Anda tertarik mencoba trik ala komunitas Maxxio ini? Sambangi saja bengkelnya di kawasan Jalan Panglima Polim No 40 Jakarta.


( ddn / ddn )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/mxTI/~3/2ryJy9YkELs/uji-tanjakan-gran-max-dan-luxio

No comments:

Post a Comment