Recent Posts

Friday, May 4, 2012

Wagub Jateng: Ada Yang Tunggangi Bentrok TNI vs Warga Kebumen

share”>

placeholder


foto: Parwito/detikcom

Kebumen -
Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Rustriningsih berkeyakinan ada pihak yang menunggangi dalam kasus bentrokan antara TNI dengan warga desa Setrojenar kemarin. Menurutnya, bentrokan tersebut sengaja digerakan pihak-pihak tertentu. 

“Saya yakin ada penggeraknya. Dan itu tugas polisi untuk menemukan dan mempidanakannya. Apalagi saat ini sebanyak 7 saksi sudah diperiksa,” tegas Rustriningsih usai jumpa pers di pendopo Kabupaten Kebumen, Jl Veteran, Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (17/4/2011) malam.

Rustriningsih yang saat jumpa pers menjadi moderator sudah menduga jika konflik antara TNI-AD dengan warga akan meletus. Sebab, pada hari Senin (11/4) sebelumnya sudah ada indikasi akan terjadi konflik yang berkepanjangan dan akhirnya meletus juga.

“Jalan penyelesaian tidak sesederhana yang dibayangkan. Perlu adanya pendekatan aspek sosial dan budaya di warga masyarakat. Serta faktor humanis yang harus dikedepankan,” ungkap mantan Bupati Kebumen ini.

Rustri menuturkan selama 8 tahun dirinya menjabat sebagai Bupati Kebumen tidak pernah terjadi letupan dan konflik antara warga dan TNI-AD seperti ini.

“Kemungkinan itu sangat besar peluang untuk ditunggangi. Yang saya rasakan begitu. Status hukum dari dulu seperti itu , hak-hak petani dari dulu juga seperti itu. Selain itu status hukum masyarakat juga belum bisa membuktikan status kepemilikan,” tutur Rustri. 

Rustri juga berpendapat, langkah Pangdam IV Diponegoro Jateng Mayjen TNI Langgeng Sulistiyo sudah benar dengan mengalihkan aktivitas latihan menembak dari Dislitbang di Desa Setrojenar, Kecamatan Bulus Pesantren ke Kecamatan Ambal. 

“Pernyatan Pangdam juga ada benarnya sudah mengalihkan latihan di Ambal kenapa masyarakat Bulus Pesantren tidak terima. Pangdam sudah sampaikan seperti itu tadi dalam jumpa pers. Padahal latihan di tempat lain itu kan lancar,” imbuhnya.

(her/gah)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://www.detiknews.com/read/2011/04/17/055518/1619031/10/wagub-jateng-ada-yang-tunggangi-bentrok-tni-vs-warga-kebumen

No comments:

Post a Comment