Recent Posts

Monday, May 28, 2012

Yuk, Lawan Stres dengan Olahraga!

placeholder

dok. Thinkstock

Jakarta – Dalam hidup, setiap manusia pasti tidak luput dari berbagai masalah. Mulai dari pekerjaan, keluarga, percintaan hingga keuangan. Semua masalah tersebut kadang membuat kita stres.

Jangan biarkan stres mendera Anda terlalu lama. Salah satu cara yang efektif menghilangkan stres dan rasa gelisah adalah olahraga. Bagaimana olahraga membantu kita mengatur dan mengatasi kecemasan? Berikut ini penjelasan Natania Goldberg, pelatih pribadi dan konsultan kesehatan salah satu klub olahraga terkenal di Los Angeles.

1. “Olahraga adalah obat pengalih stres yang hebat,” tutur Natania, seperti dikutip dari Self. Ketika Anda mulai bergerak dan fokus pada sesuatu, kegalauan yang Anda rasakan pun perlahan-lahan teralihkan. Olahraga bisa mengendurkan tekanan pada otot, yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk berpikir lebih rileks.

2. Mengeluarkan keringat bisa meningkatkan produksi neurotransmitter (zat kimia yang menghubungkan informasi antarsel saraf) di otak, yang dikenal dengan nama endorphin (zat kimia yang memunculkan rasa bahagia). Olahraga bisa membuat Anda lebih fokus dan meningkatkan energi.

3. Daripada mengobati stres dengan makanan manis dan berlemak sepert es krim, keripik kentang atau cokelat –membuat Anda bertambah gemuk– lebih baik membuat tubuh bergerak. Dengan olahraga, ada tiga keuntungan yang Anda dapat; stres hilang, tubuh bugar dan kalori pun berkurang!

(hst/kik)


Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/VASR/~3/qQCynJfOqKY/yuk-lawan-stres-dengan-olahraga

No comments:

Post a Comment