Recent Posts

Saturday, May 26, 2012

Terhalang Akreditasi, Perawat Indonesia di Kuwait Terancam Dipecat

share”>

placeholder


Jakarta -
Puluhan perawat asal Indonesia yang bekerja di Kuwait terancam dipecat dan dideportasi. Hal itu disebabkan institusi tempat mereka sekolah dulu dinilai tidak terakreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Indonesia.

“Setelah ijazah kami diverifikasi oleh departemen kesehatan Indonesia, sekolah tempat saya menuntut ilmu keperawatan dinilai tidak terakreditasi oleh Pusdiknakes Kemenkes RI,” kata Titi Winarni yang merupakan seorang perawat lulusan Akper Depkes Dr Otten Bandung tahun 1999, seperti dilansir sejumlah perawat Indonesia di Kuwait melalui situs youtube.com, Selasa (19/4/2011).

Akibat akreditasi tersebut, Titin telah diberhentikan sejak 15 Maret 2011 dari tempatnya bekerja. Tak hanya Titin, perawat lain bernama Sriyani yang merupakan lulusan D3 dari Akper ST Carollus, Jakarta juga terancam diberhentikan dari pekerjaannya usai mendapat kabar dari Ministry of Health Kuwait, tempatnya mengenyam pendidikan perawat tidak terakreditasi.

Mereka menyayangkan surat yang dibuat Pusdiknakes kepada Ministry of Health Kuwait yang menyatakan beberapa akademi keperawatan tidak terakreditasi. Padahal sepengetahuan mereka, akademi keperawatannya telah terakreditasi dan dalam binaan Kemenkes RI.

“Setelah mengetahui kesalahan akreditasi tersebut, kami segera menyampaikan agar surat tersebut direvisi oleh Kemenkes. Milik saya memang telah direvisi namun pihak Minstry of Health Kuwait tidak bisa langsung percaya,” kata perawat asal Tasikmalaya bernama Erfan Nurjamal Al ismail, lulusan Akper Yayasan Bakti Tunas Husada, Tasikmalaya tahun 1996. Erfan sendiri telah resmi diberhentikan dan akan segera dideportasi.

Mereka berharap pihak Kemenkes dan Kemendiknas untuk segera mengambil tindakan dengan mengklarifikasi masalah tersebut. Baik dengan mendatangi pemerintah Kuwait atau mengirimkan utusan untuk melakukan diplomasi agar nasib para perawat Indonesia di Kuwait bisa diselamatkan.

(feb/mad)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/BPZW/~3/VWfzYI0uiR8/terhalang-akreditasi-perawat-indonesia-di-kuwait-terancam-dipecat

No comments:

Post a Comment