Recent Posts

Wednesday, May 23, 2012

Pakai Aluminium, Efisiensi BBM Naik 10 Persen

share”>

placeholder



mesin berbasis aluminium (Luthfi)
200x400 8

Jakarta – Penggunaan komponen aluminium dalam pembuatan kendaraan ternyata mampu mereduksi bobot mobil hingga 40 persen. Dengan bobot yang lebih ringan, konsumsi bahan bakar kendaraan pun berkurang hingga 10 persen.

Pembuatan berbagai bagian mobil dengan bahan aluminium yang ringan ternyata membawa efek positif, tidak hanya mampu membuat bobot mobil yang turun, tapi juga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Hal ini didapat setelah menganalisis 26 komponen yang berada di mobil.

Penelitian itu dilakukan oleh University of Aachen, Jerman dan European Aluminium Association. Penelitian kedua badan ini menyimpulkan bahwa aluminium yang digunakan di beberapa bagian kendaraan dianggap lebih baik dibanding bila menggunakan baja berkekuatan tinggi.

Bila aluminium mampu mereduksi bobot hingga 40 persen, baja berkekuatan tinggi hanya mampu mereduksi bobot sebesar 11 persen saja.

Namun meski mampu membuat ‘diet’ yang dilakukan mobil berjalan sukses, aluminium juga tidak mengorbankan integritas struktural kendaraan. Aluminium dapat digunakan untuk memangkas berat badan tanpa mengurangi kekakuan kendaraan atau menghambat kinerjanya.

Aluminum Association Transportation Group juga menjelaskan bila hasil studi ini dikombinasikan dengan data lain pemangkasan berat hingga 525 pound pun dapat direalisasi dengan menggunakan aluminium.

“Jawaban untuk menjadi lebih ramah lingkungan lebih efisien, terjangkau di mobil dan truk merupakan pendekatan holistik dengan menjadikan berat badan menjadi ringan, berkekuatan tinggi, berbahan terjangkau seperti aluminium cocok dengan desain yang cerdas, powertrains terkini dan bahan bakar bersih,” ungkap Randall Scheps, ATG Chairman and Director of Ground Transportation, Alcoa Inc seperti dilansir greencarcongress, Senin (18/4/2011).


( ddn / ddn )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/mxTI/~3/sb4xMsUyym8/pakai-aluminium-efisiensi-bbm-naik-10-persen

No comments:

Post a Comment