Recent Posts

Thursday, May 31, 2012

KBRI Washington: 4 Staf Dino Sengaja Kabur agar Bisa Menetap di AS

share”>

placeholder


Jakarta -
KBRI Washington DC menyanggah tudingan miring yang dialamatkan KBRI Watch terkait 4 staf rumah tangga Dubes Dino Patti Djalal yang kabur. KBRI Washington menegaskan, 4 staf itu sejak awal memang sudah mempunyai niat untuk kabur dan tinggal di AS.

“Sebagaimana dinyatakan Duta Besar Dino Patti Djalal, dari sejumlah indikasi, nampaknya hal ini sudah direncanakan sejak awal ketibaan mereka di Washington DC, dengan tujuan untuk menetap di Amerika Serikat dan mencari kerja secara permanen, suatu hal yang tidak jarang terjadi di AS,” demikian siaran pers KBRI Washington yang dikirimkan melalui surat elektronik, Selasa (19/4/2011).

KBRI menjelaskan, Dubes Dino menyayangkan peristiwa ini karena ia selalu memperlakukan seluruh staf rumah tangga dengan fair dan respectfull sebagai anggota keluarga dan senantiasa memperhatikan kesejahteraan dan keselamatan mereka.

“Serta memberikan mereka berbagai keleluasaan untuk kursus, berlibur, bergaul, berkarya dan menikmati segala fasilitas rumah-tangga Dubes. Ada pun hal yang berkaitan dengan gaji staf pribadi rumah tangga Dubes adalah sepenuhnya urusan internal keluarga,” tulis KBRI.

Dari sisi perlindungan masyarakat Indonesia, KBRI Washington menyampaikan keprihatinannya atas kasus terebut, karena para staf yang kabur sangat berpotensi terperosok ke dalam praktek-praktek ‘people trafficking’.

“Dapat dipastikan para staf yang kabur tersebut telah menyalahi izin tinggal dan prosedur yang berlaku, mengingat mereka adalah pemegang visa dinas dan sebagian di antaranya bahkan pemegang paspor dinas RI,” jelas KBRI.

KBRI Washington DC kini sedang aktif mencermati peran makelar gelap yang selama ini mempunyai andil dalam kasus-kasus ‘people trafficking’. Nah, KBRI juga merasa heran, mengapa KBRI Watch, sama sekali tidak menyorot mengenai ulah makelar-makelar gelap yang meresahkan masyarakat dan melanggar hukum setempat ini, dan juga tidak menunjukkan keprihatinan terhadap nasib staf Dubes yang kabur dan kini berpotensi terjerumus dalam ‘people trafficking’.

“KBRI Washington DC menegaskan kembali komitmennya untuk senantiasa memberikan perlindungan dan terus berupaya untuk meningkatkan harkat dan martabat seluruh Warga Negara Indonesia yang berada di Amerika Serikat,” terang siaran pers itu.

Selain itu KBRI Washington menuding, sejumlah WNI yang tergabung dalam KBRI Watch, sarat dengan konflik kepentingan, karena surat meminta penjelasan terkait staf rumah tangga yang kabur dilayangkan oleh sosok yang sejak awal berminat dan berupaya untuk menjadi event
organizer dalam acara budaya yang ditanyakannya tersebut.

“Bahkan individu tersebut berupaya mendorong pimpinan KBRI untuk melakukan tindakan yang melanggar peraturan dan menyalahi prosedur. Hal ini patut diduga bahwa ada motif memaksakan kehendak dengan menekan KBRI Washington DC melakukan cara yang tidak etis ini. KBRI Washington DC menyesalkan upaya pihak-pihak yang menyalahgunakan KBRI Watch sebagai alat kepentingan ekonomi kelompok tertentu,” tutur siaran pers itu.

(ndr/asy)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/BPZW/~3/ipP20NQceT0/kbri-washington-4-staf-dino-sengaja-kabur-agar-bisa-menetap-di-as

No comments:

Post a Comment