Recent Posts

Monday, May 21, 2012

Alwi Shihab: Jihad Bukan Untuk Membunuh, Tapi Mencerahkan

share”>

placeholder


foto: Rivki (detikcom)

Jakarta -
Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Alwi Shihab mengatakan bom bunuh diri yang dilakukan di Cirebon saat orang hendak melakukan sholat Jumat bukanlah jihad. Menurutnya, Jihad adalah melakukan tindakan yang bisa membuat harmonis semua orang.

“Saya rasa jihad bukanlah sesuatu hal untuk membunuh orang ataupun bunuh dirinya sendiri. Menurut saya jihad adalah memberikan sebuah pencerahan seperti yang saya lakukan malam ini yaitu untuk membuat hubungan lebih harmonis bukan untuk saling membenci,” kata Alwi sebelum acara peluncuran buku berjudul Examining Islam in The West, di hotel Dharmawangsa, Jl Dharmawangsa Raya, Jakarta Selatan, Senin (18/4/2011).

Menurutnya, pelaku bom bunuh diri di Cirebon orang yang tidak waras. Hal tersebut dilihat dari tindakannya yang mengebom di rumah ibadah dan saat orang hendak menunaikan sholat Jumat.

“Saya nyatakan bahwa pelaku pengeboman ini orang yang tidak waras karena tidak mungkin orang yang melakukan hal tersebut apalagi melakukan di tempat yang suci pada saat orang sholat Jumat,” imbuhnya.

Alwi juga menghimbau kepada kaum beragama supaya mempelajari agama masing-masing. Selain itu ia meminta agar semua orang percaya bahwa tidak ada agama yang mengajarkan kebencian apalagi sampai menyuruh membunuh.

Sebelumnya, pihak Mabes Polri telah melakukan tes terhadap jasad pelaku bom bunuh diri di Cirebon. Mereka memastikan jasad tersebut M Syarif (Sarip).

Selain kasus pembunuhan itu, M Syarif juga diduga terlibat perusakan Alfamart di Cirebon tahun 2010. Polresta Cirebon sudah memasukkan nama M Syarif ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

(feb/mad)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/BPZW/~3/XyzjFeDpPsA/alwi-shihab-jihad-bukan-untuk-membunuh-tapi-mencerahkan

No comments:

Post a Comment