Recent Posts

Monday, May 21, 2012

Nigeria Rusuh, Rumah Wapres Hangus Dibakar

share”>

placeholder


Getty Images

Kano -
Setelah pemilu, kerusuhan pecah di sejumlah kota di Nigeria. Rumah wakil presiden Nigeria, Namadi Sambo, hangus terbakar karena amukan massa.

Para perusuh beraksi di kota Zaria sejak Senin (18/4/2011) siang. Tidak hanya membakar rumah wapres Sambo, mereka juga merusak penjara dan membebaskan para napi.

Aksi ini dipicu atas kekecewaan kelompok oposisi karena hasil pemilu menunjukkan presiden Goodluck Jonathan dinyatakan sebagai pemenang. Kericuhan muncul di beberapa kota bagian utara Nigeria.

“Massa mengamuk di sini,” kata seorang warga Mahmud Zaria. “Para pendemo membaka rumah wakil presiden dan istana pangeran lalu merembet ke penjara dan membebaskan para napi,” sambungnya seperti dikutip AFP.

Beberapa penduduk lain juga mengatakan hal senada. Dari laporan sejumlah kantor berita dan tayangan televisi, rumah Sambo terlihat hangus.

Nigeria menggelar Pemilu pada Sabtu pekan lalu. Goodluck Jonathan memperoleh suara minimal yang dibutukan untuk menang di sekitar 24 negara bagian dan unggul dua kali lipat dibandingkan saingannya terdekatnya Jenderal Muhammadu Buhari.

Jonathan akan menjadi presiden pertama Nigeria yang berasal dari wilayah penghasil minyak Niger Delta. Politisi Kristen ini sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden sebelum diangkat menjadi presiden pada tahun lalu, menyusul kematian Presiden Umaru YarAdua.

(mad/feb)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/BPZW/~3/mn0EkyKrAAk/nigeria-rusuh-rumah-wapres-hangus-dibakar

No comments:

Post a Comment