Recent Posts

Sunday, May 20, 2012

Ratusan Orang Dukung Kesejahteraan Hakim di FB

share”>

Jakarta -
Tidak sampai 24 jam dibuat, ratusan orang sudah bergabung dalam grup facebook mendukung kesejahteraan hakim. Mereka umumnya berasal dari warga yang mengungkap minimnya fasilitas pengadilan dan rendahnya kesejahteraan hakim.

Sedikitnya, 618 orang bergabung sejak grup dibuat pagi tadi. Umumnya mereka menceritakan buruknya gedung pengadilan dan rumah dinas hakim. Lihatlah salah satu komentar dukungan terhadap grup ‘Rencana Peserta Aksi Hakim Indonesia Menggugat Presiden dan DPR RI’ ini. Seorang hakim menceritakan betapa mirisnya kondisi pengadilan di Palopo, Sulawesi Selatan.

“Selain rumah, kami belum punya gedung pengadilan resmi. Jadi kami berkantor di ruang sidang keliling PN Palopo. Kepala Pengadilan Negeri (KPN) tidak ada rumah dan kendaraan dinas beliau memakai sepeda motor sewa bulanan,” ungkap salah satu anggota grup yang juga hakim.

Cerita miris juga diungkapkan seorang hakim yang  bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Malili, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di kabupaten paling utara Sulsel dengan perjalanan darat 12 jam dari Makassar ini, kantor PN sementara menggunakan gedung pinjaman Depkumhan. Rumah dinas baru dibangun tahun 2012. Akibatnya, pegawai pengadilan rata-rata kontrak rumah petak  6×6 m dengan uang sewa Rp 10 juta pertahun.

“Banyak karyawan tinggal dikantor dengan membuat sekat dari papan kayu,” kisah seorang hakim.

Seorang anggota group membandingkan gerakan hakim di Indonesia dengan gerakan para hakim- hakim di seluruh Perancis beberapa waktu lalu. Saat itu, hakim di seluruh Perancis melakukan pemogokan sidang- sidang yang menuntut kesejahteraan dan menolak Intervensi lembaga eksekutif. “Peristiwa di Perancis  ini menginspirasi para hakim-hakim di Indonesia yang kondisi kesejahteraan dan kondisi kerjanya masih jauh dari hidup layak,” terangnya.

(asp/mad)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/BPZW/~3/AVM-rvnumF0/ratusan-orang-dukung-kesejahteraan-hakim-di-fb

No comments:

Post a Comment