Recent Posts

Tuesday, May 8, 2012

Makan Tak Teratur Bikin Tubuh Melar

Your browser does not support iframes.


placeholder


Foto :hellobeautiful.com

Jakarta

Sudah berusaha mengurangi makan tetapi tubuh masih juga melar? Bisa saja hal ini dipicu kebiasaan makan asal makan tanpa aturan jam makan. Ternyata, jam makan sangat berbubungan erat dengan berat badan. Jadi ada baiknya mulailah mengatur jam makan lebih tertib!

Kesibukan kerja sering membuat orang melupakan jam makan. Makan sambil bekerja atau makan setelah larut malam atau makan asal kenyang. Cara makan yang sembarangan ini ternyata turut mempengaruhi pencapaian berat badan ideal.

Inilah yang dibuktikan oleh riset yang dilakukan Northwestern University. Mereka menemukan bahwa makan sembarangan berpengaruh pada berat badan. Misalnya, makan saat tengah malam menjelang tidur, tubuh perlu istirahat akan mengacaukan metabolisme tubuh yang berakibat pada kenaikan berat badan. 

Soal seseorang mencapai berat badannya merupakan hal yang cukup rumit. ‘Tetapi masalahnya bukan hanya soal kalori yang masuk dan keluar saja,’  jelas Fred Turek, Professor di Weinberg College of Arts and Sciences dan direktur Center for Sleep and Circadian Biology.

Turek menduga ada faktor jam biologis tubuh yang ikut berpengaruh pada berat badan.  ‘Makan teratur memang menuntut perubahan kebiasaan, tetapi bisa membuat berat badan terkendali,’ demikian tegas Turek.

Riset memperlihatkan bahwa makan tak teratur bisa langsung mempengaruhi berat badan. Seperti yang diamati pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak  pada jam tidur terbukti  berat badannya meningkat  hingga 48 %. Sebaliknya  tikus yang makanan yang sama tetapi pada jam makan yang teratur berat badannya stabil.

‘Salah satu yang menjadi perhatian riset kami adalah para pekerja shift, yang cenderung kelebihan berat badan. Jadwal kerja memaksa mereka makan pada jam yang bertentangan dengan jam  tubuh alaminya. Kami terus melakukan pendalaman pada riset ini’, kata  Deanna M. Arble, seorang doktor yang terlibat pada penelitian Turek. Inilah sedikit bukti bahwa makan tak teratur akan berakibat pada kenaikan berat badan.

Jadi buat mereka yang ingin tetap ramping dan menjaga berat badan, sebaiknya mulailah makan teratur. Makan pada waktu makan dengan porsi tak berlebihan akan menjaga berat badan tetap stabil

(Odi/Odi)

Sumber:http://food.detik.com/read/2011/04/15/180512/1618508/900/makan-tak-teratur-bikin-tubuh-melar

No comments:

Post a Comment