Recent Posts

Wednesday, May 2, 2012

Eks JI: Dilihat dari Materi Bom, Pelaku Kemungkinan Turunan Azahari

Your browser does not support iframes.

Jakarta -
Bahan bom yang digunakan pelaku antara lain terdiri atas mur, paku, dan batere. Bila ditilik dari bahannya, kuat dugaan pelaku merupakan turunan dari kelompok Azhari, gembong teroris yang sudah tewas didor.

“Ini pelaku dari kelompok yang sama, mungkin ini orang baru yamg diwariskan. Ilmunya sama, jadi ini murid dari murid Azahari,” kata kata eks petinggi Jamaah Islamiyah (JI) Nasir Abbas saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (16/4/2011).

Ciri bahan bom yang digunakan pelaku bom bunuh diri tidak jauh berbeda, dengan bom yang lalu. Mulai dari bahan mur, paku, dan baterai. “Dia gunakan mur dan paku untuk membunuh, jadi peledak cuma jadi daya dorong,” terang Nasir yang juga veteran Afghanistan ini.

Yang perlu dicatat, pelaku mengincar petugas kepolisian, dalam hal ini Kapolres. Bisa dilihat dari kamuflase yang dia lakukan. Pelaku memakai pakaian berlapis dan membawa bom yang kecil.

“Jadi dia memang tidak membutuhkan bom besar, yang dia incar Kapolres. Pelaku gunakan mur dan paku. Dengan bom kecil dia sukses masuk hingga ke saf barisan kedua dan tidak dicurigai. Pelaku juga ingin membuat efek luka dan cacat dengan materi bom itu,” tuturnya.

Diketahui bom meledak di masjid Polresta Cirebon pukul 12.15 WIB. Pelaku bom bunuh diri tewas dengan perut hancur. Pelaku ikut salat Jumat dan berada di baris kedua. Belasan polisi luka-luka termasuk Kapolresta Cirebon AKBP Herukoco.

(ndr/her)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga :

  • Eks JI: Teroris Pengecut Incar Orang sedang Ibadah
  • Sarip Mirip Terduga Pelaku Bom, Cuma Giginya Berbeda
  • Seorang Polisi Korban Bom Cirebon Belum Sadarkan Diri
  • Mochamad Sarip, Kerja Desain Grafis & Kuliah di Bandung
Sumber:http://www.detiknews.com/read/2011/04/16/183358/1618949/10/eks-ji-dilihat-dari-materi-bom-pelaku-kemungkinan-turunan-azahari

No comments:

Post a Comment