Recent Posts

Tuesday, May 15, 2012

Divestasi Newmont Diperpanjang, Demo Warga Sumbawa Bubar

share”>

placeholder


Foto: dok.detikFinance

Sumbawa -
Mengetahui Menteri Keuangan memperpanjang batas pembelian 7% saham divestasi Newmont sebulan, warga Sumbawa Barat yang menduduki tambang Newmont, membubarkan diri, Senin (18/4/2011) malam. Massa aksi mengetahui perpanjangan saat berkomunikasi dengan Bupati Sumbawa Barat, Zulkifli Muhadly melalui sambungan telepon.

Komunikasi melalui sambungan telepon antara massa aksi dengan Bupati itu diperdengarkan pada seluruh massa aksi melalui pengeras suara. Massa aksi yang telah membangun tenda, untuk menduduki area dekat pelabuhan Khusus pengiriman konsentrat PT Newmont Nusa Tenggara, akhirnya bubar.

“Saya bangga dengan perjuangan rakyat Sumbawa Barat. Rakyat Sumbawa Barat yang menderita, yang memperjuangkan haknya. Sekarang serahkan sepenuhnya untuk melanjutkan tanggungjawab ini pada saya. Divestasi telah diperpanjang,” kata Bupati, yang terdengar sesenggukan dan tercekat menahan haru.

Pernyataan Bupati itu disambut pekik takbir oleh massa aksi. Banyak di antara massa aksi yang turut meneteskan air mata.

Zulkifli meminta seluruh massa aksi membubarkan diri, dan kembali ke rumah masing-masing. “Saya ingin rakyat Sumbawa Barat, bekerja kembali demi keluarga dan demi daerah seperti biasa,” ujarnya.

Bupati yang tengah berada di Jakarta mengaku prihatin, atas tindakan represif aparat kepolisian yang menyebabkan empat warga terluka, pada aksi pendudukan tambang, Senin pagi.

“Setelah ini, saya tidak sudi ada rakyat Sumbawa Barat yang dipanggil-panggil. Saya tidak sudi ada rakyat Sumbawa Barat yang ditangkap, ditembak, dianiaya. Saya tidak sudi ada yang di penjara. Saya yang ambil alih tanggungjawab,” katanya.

Jika ada yang salah, Zulkifli mengaku dirinyalah yang patut dipersalahkan, bukan rakyat Sumbawa Barat, kendatipun ia tak pernah memerintahkan aksi yang berujung bentrok warga dengan polisi.

“Ini sudah maksimal. Apa yang terjadi dalam unjuk rasa, meski itu bukan atas perintah saya, saya ambil tanggungjawab,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kementrian Keuangan menyatakan batas pembelian divestasi saham Newmont diperpanjang sebulan. Perpanjangan terhitung 18 April 2011. Perpanjangan itu juga telah  mendapat persetujuan Newmont.

Dengan menggunakan puluhan bus, truk, kendaraan pribadi, kendaraan dinas dan ojek, massa aksi akhirnya meninggalkan karena aksi.

Massa aksi membongkar kembali tenda dari terpal yang mereka dirikan. Saat meninggalkan lokasi aksi, sebagian massa meneriakkan yel-yel, tak ubahnya mereka yang memenangi peperangan.

(dnl/dnl)

GRATIS! puluhan voucher pulsa! ikuti terus berita dari DetikFinance di Hape-mu.
Ketik REG FIN kirim ke 3845 (khusus pelanggan Indosat Rp.1300/hari)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga :

  • Menteri ESDM Minta Divestasi Saham Newmont Diperpanjang Sebulan
  • Bangun Tenda, Demonstran Bakal Duduki Newmont Tiga Hari
  • 8 Camat Pimpin Demo Menuntut 7% Saham Newmont
Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/nMoG/~3/Qz5hyo_FlUc/divestasi-newmont-diperpanjang-demo-warga-sumbawa-bubar

No comments:

Post a Comment