Recent Posts

Sunday, May 6, 2012

Pemprov DKI Jamin Soal UN Tidak Akan Bocor

share”>

placeholder


Jakarta -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan naskah soal Ujian Nasional tingkat SMA tidak akan bocor. Pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menyiapkan segala upaya untuk mengindari bocornya soal serta meminimalisir kecurangan peserta ujian.

“Insya Allah, enggak akan bocor. Karena ketika besok (hari ini) mengeluarkan naskah soal dari tiap rayon untuk didistribusikan ke sekolah dan pembukaan segelnya juga akan disaksikan petugas kepolisian,” ujar Kahumas Dinas Pendidikan Bowo Irianto kepada saat dihubungi detikcom (17/4/2011).

Menurut Bowo, seluruh rangkaian Ujian Nasional mulai dari pengadaan soal hingga koreksinya akan terus diawasi. Selain dari Dinas Pendidikan juga ada tim pengawas sendiri yang disebut tim independen.

“Tim Independen ini dari Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi, mereka akan turut mengawasi,” imbuhnya.

Untuk menjaga ujian dari kecurangan, peserta ujian dilarang membawa alat komunikasi seperti handphone. Bahkan di DKI Jakarta, peserta ujian juga dilarang membawa clipboard atau alas tulis. Pengawas ujian pun, menurut peraturan baru, juga tidak diperkenankan membawa Handphone. Pengawas yang bertugas juga merupakan guru yang tidak mengajar mata pelajaran yang tengah diujikan.

“Itu menurut SOP (Standard Operational Procedure) yang telah ditetapkan kementrian,” tutupnya.

Ujian Nasional untuk tingkat SMA akan digelar mulai Senin (18/4/2011) hingga Kamis (21/4/2011). Ujian ini akan digelar serentak di seluruh Indonesia. Untuk Program IPA, Mata Pelajaran yang akan diujikan pada hari Senin ini adalah Bahasa Indonesia dan Biologi. Sementara untuk Program IPS adalah Bahasa Indonesia dan Sosiologi. Program Bahasa akan mengujikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia serta untuk Program Keagamaan akan mengujikan Bahasa Indonesia dan Fikih.

(adi/ape)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://www.detiknews.com/read/2011/04/18/044337/1619339/10/pemprov-dki-jamin-soal-un-tidak-akan-bocor

No comments:

Post a Comment