Recent Posts

Wednesday, March 14, 2012

Wah! Camry Ditiru Mobil China

share”>

camry dalam


BYD Camry (China Car Times)
bannerpromo allproperty detikinet 200x400

Beijing – Pabrikan China terkenal dengan kegemarannya meniru mobil-mobil pabrikan luar negeri untuk dipasarkan di China. Baik mobil ‘biasa’ maupun mobil mewah seperti Porsche dan BMW tak luput dari proses peniruan.

Dan kini yang terbaru adalah mobil Toyota Camry. Tingkat kemiripannya ‘Camry’ milik BYD dan Toyota Camry tidak jauh berbeda. Yang membedakannya adalah logo depan yang berubah menjadi logo BYD.

Seperti dikutip dari chinacartimes, Kamis (7/4/2011), tidak seperti pabrikan lain, proses peniruan Camry oleh BYD sebenarnya legal, karena ini adalah hasil kerja sama antara BYD dan Toyota.

BYD sendiri sudah lama memakai desain Toyota. Salah satu mobil BYD yang terkenal adalah F3 yang terinpirasi dari Toyota Corolla. Kini giliran Camry yang ditiru.

Dengan kerjasama itu, pabrik mobil kedua perusahaan itu tetap berjalan. Toyota akan terus memproduksi kendaraannya di fasilitas pabriknya di seluruh Cina seperti Changchun, Tianjin, dan Changchun.

Sedangkan BYD melanjutkan kegiatan pabriknya di Xi’an dan Shenzhen. Hanya sebagian kecil mobil Toyota yang diproduksi BYD dan diberi logo Toyota.

Tidak hanya itu mobil Toyota yang ditiru BYD. Mobil Lexus RX350 juga akan berganti nama menjadi BYD SUV S6. Juga ada BYD M6 MPV yang menyerupai Toyota Previa.

Sedan Toyota Camry hanya sebagai pertanda dimulai kerjasama antar kedua produsen mobil besar itu di China.

“Camry adalah mobil yang sudah lama kita kagumi, kita berharap untuk bisa memproduksi kendaraan ini,” kata Juru Bicara Mr. Li.

Produksi massal BYD Camry akan dimulai pada awal 2012 mendatang. Adapun mesin mobil BYD Camry akan menggunakan beberapa komponen Mitsubishi dan juga mesin kapasitas 2.000 cc milik BYD. Tidak dijelaskan kapasitas mesin yang bakal diusung BYD Camry. 


( ddn / ddn )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://oto.detik.com/read/2011/04/07/092226/1610570/648/wah-camry-ditiru-mobil-china

No comments:

Post a Comment