Recent Posts

Thursday, March 22, 2012

Honda Kembangkan Airbag untuk Motor

share”>

airbag dalam


Airbag di Honda Goldwing
bannerpromo allproperty detikinet 200x400

Tokyo – Produsen motor Honda kembali berimprovisasi. Setelah sebelumnya menciptakan sebuah kantong udara untuk motor yang kemudian mereka aplikasi pada Honda Goldwing, Honda kini sedang menyiapkan sebuah airbag baru yang bisa digunakan oleh lebih banyak model motor.

Dalam sistem airbag terbaru ini, produsen motor asal Jepang itu tidak lagi akan menempatkan kantung udara di tangki motor, melainkan akan ada di dekat panel instrumen.

Alasannya sederhana, airbag pada Goldwing diaplikasi di bagian tangki karena desain motor yang tidak untuk dibawa ugal-ugalan. Sementara desain motor lain tidak sesantai desain Goldwing.

Bila pengendara kemungkinan akan terjerembab ke tangki motor bila motor mereka menabrak, motor lain kebanyakan membuat pengendaranya terpental ke depan.

Karena itu kantong udara yang disiapkan ini jauh lebih tinggi daripada kantong udara milik Goldwing untuk menahan pengendara pada kemungkinan terpental ke depan kendaraan ketika terjadi kecelakaan.

Desain airbag yang berbentuk mirip segitiga, kecil dibawah dan melebar keatas, terbaru ini menurut Visor Down, Jumat (8/4/2011) sedang diajukan patennya dan kemungkinan untuk permulaan akan dipasangkan di Honda CB1300.

Paten yang diajukan Honda ini juga mengungkapkan kalau airbag terbaru ini juga memiliki suatu sistem yang dapat memiringkan airbag kiri atau kanan tergantung sudut kemudi pada saat menabrak untuk memberikan penyelamatan pengendara dari benturan benda keras.

Arah menjadikan sebuah motor menjadi mobil memang terus dilakukan oleh Honda. Saat ini Honda juga sedang berusaha untuk menciptakan sebuah sabuk pengaman untuk motor.

( syu / ddn )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://oto.detik.com/read/2011/04/08/155447/1612048/648/honda-kembangkan-airbag-untuk-motor

No comments:

Post a Comment