Recent Posts

Tuesday, March 27, 2012

Gucci Rugi US$ 200 Ribu karena Diserang Hacker

gucci

Dok. Thinkstock

Jakarta – Brand Gucci mengalami kerugian US$ 200 ribu atau sekitar Rp 1 miliar akibat sistem komputer mereka diserang hacker. Hacker tersebut ternyata adalah mantan karyawan Gucci yang dipecat.

Mantan karyawan teknisi jaringan bernama Sam Chihlung Yi ini menghapus data, mematikan server dan kekacauan lainnya di sistem komputer Gucci. Menurut keterangan kejaksaan New York, Yin menciptakan VPN (virtual private network) token palsu dengan nama pekerja yang tidak eksis. Kemudian, dia mengelabui staff IT di Gucci dan mengaktivasinya setelah dia dipecat Mei tahun lalu.

VPN ini memberinya akses langsung ke jaringan IT Gucci selama beberapa bulan. Ditambah pengetahuannya sebagai mantan pekerja TI di sana, Yin pun dengan sukses menghantam sistem komputerasasi Gucci.

Akibatnya, Gucci kehilangan akses ke email dan dokumen, yang berakibat beberapa file terhapus secara permanen. Staff Gucci di seantero AS pun merugi karena hilangnya pembeli potensial via email.

“Computer hacking bukanlah permainan. Ini adalah ancaman serius terhadap keamanan korporat dan bisa menimbulkan efek merusak,” ucap Cyrus R Vance, jaksa yang menangani kasus ini.

Saat ini, Yin tengah menjalani proses pengadilan. Jika terbukti bersalah, dia bisa dikenai hukuman kurungan sampai 15 tahun lamanya.

(fyk/eny)


Sumber:http://www.wolipop.com/read/2011/04/08/151500/1612098/233/gucci-rugi-us–200-ribu-karena-diserang-hacker

No comments:

Post a Comment