Recent Posts

Thursday, March 22, 2012

Walikota Bekasi Nonaktif Bungkam Saat Tiba di Kebon Waru

share”>

Bandung -
Walikota Bekasi (nonaktif) Mochtar Mohammad tiba di Rutan Kebon Waru, Kota Bandung, Jumat (8/4/2011), sekitar pukul 16.35 WIB. Ia bungkam saat ditanya wartawan.

Mochtar tidak lagi berada Rutan Salemba, Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memindahkan Mochtar ke Rutan Kebon Waru sebagai persiapan sidang perdananya.

Pantauan detikbandung, Mochtar datang ke rutan Kebon Waru menggunakan mobil Kijang hitam milik KPK bernopol B 8593 WU. Saat keluar dari pintu mobil, Mochtar yang memakai kemeja batik merah marun lengan pendek itu membenarkan peci hitamnya.  

Sejak turun dari mobil hingga masuk ke dalam rutan tersebut, Mochtar tak mengeluarkan sepatah katapun saat ditanya wartawan.

“Sehat Pa, jam berapa tadi dari Salemba?” tanya wartawan.

Tanpa senyuman, ia terus melenggang masuk bersama tiga petugas KPK. Karutan Kebon Waru, Suharman, terlihat sudah menanti kedatangan Mochtar.

“Nanti ada waktunya buat wartawan,” jelas Suharman.

Di dalam kasus ini KPK telah menetapkan Walikota Bekasi, Mochtar Mohammad sebagai tersangka. Mochtar ditetapkan sebagai tersangka terkait upaya penyuapan dalam pengurusan penghargaan Adipura Kota Bekasi tahun 2010, penyuapan terkait pengesahan APBD tahun anggaran 2010 dan pengelolaan serta pertanggungjawaban APBD Kota Bekasi 2009.

Pawa awal tahun 2010,  Mochtar memerintahkan pada anak buahnya, seperti camat dan jajaran SKPD agar berpartisipasi memberikan kontribusi dana untuk pengurusan pemenangan Adipura. Di samping itu, Mochtar diduga telah melakukan korupsi dalam pengelolaan APBD.

Surat perintah penyidikan Mochtar diteken oleh Pimpinan KPK Haryono Umar. Mochtar sudah langsung dicegah berpergian ke luar negeri. Pasal yang disangkakan adalah Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 atau Pasal 5 ayat 1 atau Pasal 12 huruf e UU Pemberantasan Korupsi.

(ern/ern)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://bandung.detik.com/read/2011/04/08/171908/1612126/486/walikota-bekasi-nonaktif-bungkam-saat-tiba-di-kebon-waru

No comments:

Post a Comment