Recent Posts

Monday, March 26, 2012

Bocah Kelas 3 SD Menangi Kompetisi Robotika

Your browser does not support iframes.

juara kontes robot D


Surabaya -
Meski umurnya baru 9 tahun dan belum berpengalaman, Ichdan Rasyid mampu menyingkirkan rivalnya dari SD, SMA dan SMK se-Jatim dalam kompetisi robotika. Tak tanggung-tanggung, Ichdan meyabet juara I di Single Line Tracer Analog Smanisda Cup (LTASC) 2011 yang digelar di SMAN 1 Sidoarjo tanggal 2 April lalu.

Kepada detiksurabaya.com, Ichdan yang masih duduk di bangku kelas 3 A di SD Muhammadiyah 4 Surabaya ini mengaku sempat kesulitan saat masuk di tahap soldering (proses menyolder, Red) kabel.

Maklum, bocah yang baru mengikuti ekstrakulikuler (ekskul, Red) Robotika di sekolahnya, sebelumnya belum pernah merakit robot. Alhasil, selama proses seminggu mempersiapkan Robot Nabito andalannya, jari telunjuknya sempat terluka sebab tersengat alat solder.

“Yang paling susah saat menyolder, tapi nggak masalah kalau hasilnya bisa menang juara satu,” kata Ichdan saat berbincang dengan detiksurabaya.com di sekolahnya SD Muhammadiyah 4 Jalan Pucang, Jumat (8/4/2011).

Ichdan mengaku cukup sering berlatih saat akan menyiapkan karya yang ia lombakan. Bahkan, saat weekend Sabtu ataupun Minggu, ia masih saja tetap berlatih bersama guru pendampingnya di ekskul Robotika. Beruntung, orangtua Ichdan sangat mendukung kegiatan barunya itu.

“Saat persiapan lomba, saya tiap sabtu dan minggu tetap berlatih, bahkan diantar orang tua,” terangnya.

Kini, setelah menjuarai lomba LTASC 2011, Ichdan memiliki koleksi baru robot kesukaannya. Berkat Robot Nabito hasil karyanya yang menjadi juara di LTASC 2011 2 April lalu, ia berhasil memiliki Moze Zolving hasi kejuaraan lomba tersebut.

(nrm/bdh)



Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga:

  • Sambut Hari Kartini, Bocah TK Diajak Peduli Lingkungan
  • Lolos Program Pertukaran Antar Negara, 24 Remaja Digembleng di Stasiun
  • Peraih Medali Emas Lomba Matematika Dikenal Sebagai Siswi Rendah Hati
  • Pelajar Pamekasan Gondol Medali Emas Lomba Matematika di Rumania
  • Adu Inovatif Sains di SD Muhammadiyah 16
  • Mendiknas: Tak Masuk Akal Dana BOS Bisa Telat Cair

1x1


bannerpromo allproperty bukukuning 280x125

Sumber:http://surabaya.detik.com/read/2011/04/08/163218/1612094/596/bocah-kelas-3-sd-menangi-kompetisi-robotika

No comments:

Post a Comment