Recent Posts

Monday, March 26, 2012

Giliran Pohon Salam di Jombang Diserang Ulat Keket

Your browser does not support iframes.

keket dlm


Foto: Tamam Mubarrok

Jombang -
Belum reda diserang ulat bulu, giliran ulat berwarna hijau alias Ulat Keket menyerbu pepohonan di Dusun Balongombo, Desa Pundong, Kecamatan Diwek, Jombang.

Ulat hijau tanpa bulu dengan jumlah besar ini ternyata sudah diketahui warga sejak lima hari lalu yang menyerang daun Pohon Salam. Ulat jenis tersebut selama ini mudah ditemui di pohon-pohon jeruk.

“Dedaunan salam di sini habis dimakan ulat hijau ini. Bahkan tinggal rantingnya saja. Warga sini menyebutnya ulat Keket,” kata Shodiq (58), warga setempat kepada wartawan di lokasi, Jumat (8/4/2011).

Dari pengamatan detiksurabaya.com, fisik ulat hijau ini sangat berbeda dengan ulat bulu yang telah menyerang beberapa kawasan di Jombang sebelumnya. Ukuran ulat ini sebesar jari kelingking tangan orang dewasa dan halus.

Karena takut ulat hijau ini jumlahnya semakin besar seperti ulat bulu, akhirnya warga melaporkan temuan tersebut ke PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Diwek. “Warga sini juga sudah membakar ulat-ulat itu,” ujar Shodiq.

“Kita akan lakukan pemantauan, dan hasilnya nanti akan kita laporkan ke dinas terkait,” Kata Abdul Wachid, petugas PPL Kecamatan Diwek kepada detiksurabaya.com.

Menurut Wachid, meski jumlahnya tak sebesar ulat bulu, namun, ulat hijau ini bisa dikatakan popolasinya sangat banyak. “Setelah kita cek, jumlah ulat hijau ini sangat banyak. Mungkin karena pepohonan di wilayah Diwek masih lebat,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ulat bulu di Jombang telah menyerang pepohonan dan rumah warga di Jalan Kertajaya dan menyebar ke Jalan Hayam Wuruk yang berjarak sekitar 300 meter.

Meski sudah dipastikan populasinya menyusut dilokasi awal, kini hewan melata tersebut sudah menyerang pepohonan di Kecamatan Jogoroto dan Ngusikan. Jarak Kecamatan Jogoroto dengan lokasi awal sekitar 7 Km. Sementara untuk Kecamatan Ngusikan, jaraknya hampir 25 Km dari lokasi awal.

(gik/gik)



Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga:

  • Populasi Ulat Bulu yang Serang Jombang Menyusut
  • Ribuan Ulat Bulu di Jombang Disemprot Insektisida
  • Gubernur: Serangan Ulat Bulu di Jatim Bukan Bencana
  • Serangan Ulat Bulu di Jombang Makin Menyebar
  • Gawat, Ulat Bulu Juga Meneror Jombang
  • Kementerian Pertanian akan Teliti Hama Ulat Bulu di Probolinggo & Pasuruan

1x1


bannerpromo allproperty bukukuning 280x125

Sumber:http://surabaya.detik.com/read/2011/04/08/155005/1612036/475/giliran-pohon-salam-di-jombang-diserang-ulat-keket

No comments:

Post a Comment