Recent Posts

Thursday, March 8, 2012

Tak Lama Lagi Penyakit Jantung Bisa Dideteksi Saat Tidur

share”>

patah hati dalam ts

(Foto: thinkstock)

Gothenburg, Swedia, Banyak pasien penyakit jantung yang gagal mendapatkan pertolongan, karena lamanya proses diagnosis yang harus dilakukan. Studi terbaru menemukan sebuah alat khusus yang bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung bahkan saat orang sedang tidur.

Sebuah studi dari University of Gothenburg, Swedia, menemukan oksimeter pulsa khusus yang penggunaannya melekat pada jari dan dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan jantung dan fungsi pembuluh saat orang tidur.

Peneliti mengatakan, teknik sederhana ini bahkan dapat mengidentifikasi pasien yang berisiko terhadap penyakit kardiovaskular.

Dalam studi tersebut, peneliti menggunakan versi modifikasi dari oksimeter pulsa yang saat ini digunakan untuk mendeteksi berbagai gangguan tidur pada malam hari, seperti apnea.

Penelitian ini didasarkan pada pengukuran lima komponen sinyal dari jari, yaitu atenuasi pulsa gelombang, percepatan denyut nadi, waktu propagasi nadi, osilasi pulsa terkait respirasi dan oxygen desaturation.

“Kami kemudian menimbang-nimbang komponen ini dalam model untuk menilai seberapa besar risiko pasien mengembangkan penyakit kardiovaskuler,” kata Ludger Grote, profesor di Center for Sleep and Vigilance Disorders di Sahlgrenska Academy dan senior konsultan di Sahlgrenska University Hospital, seperti dilansir medicalnewstoday, Selasa (5/4/2011).

Menurut Grote, metode ini dapat mengidentifikasi pasien berisiko tinggi penyakit jantung dengan lebih cepat dan lebih mudah. Diharapkan juga dapat digunakan untuk menilai efek pengobatan untuk penyakit kardiovaskuler, seperti bagaimana berat badan dan latihan dapat membantu mencegah masalah pembuluh darah.

Tim peneliti ini sekarang tengah mengembangkan prototipe untuk perangkat portabel masa depan yang dapat digunakan secara klinis. Sebelum dapat mulai digunakan, studi penelitian yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil. Grote mengatakan bahwa tim sudah mulai proses tersebut.

(mer/ir)

1x1



Sumber:http://health.detik.com/read/2011/04/05/172107/1609138/763/tak-lama-lagi-penyakit-jantung-bisa-dideteksi-saat-tidur

No comments:

Post a Comment