share”>

Bandung -
Gaya hidup berbelanja saat ini semakin berkembang. Dengan hanya menekan mouse saja, kita sudah bisa menjelajah di dunia online untuk berbelanja. Apalagi, paket promo atau diskon gede-gedean kerap ditawarkan untuk menggaet pelanggan lebih banyak.
Salah satunya tempat berbelanja di dunia maya yakni dealkeren.com. Perusahaan e-commerce lokal ini menyuguhkan tren berbelanja hemat yang bisa diakses melalui situs www.dealkeren.com.
“Dulu kalau ada promo dari toko atau merchant tertentu, biasanya kita tahu dari koran. Biasanya berupa kupon yang harus kita gunting untuk ditukar ke outletnya. Tapi sekarang promo dan diskon yang diincar para penggila belanja bisa lebih cepat diketahui melalui internet,” ujar CEO Dealkeren, Adrian Suherman kepada detikbandung, belum lama ini.
Kemudahan mengakses internet dijadikan alasan kuat dealkeren.com untuk hadir menjadi salah satu group buying business model baru di Bandung.
“Sekarang kita sudah bisa mengakses internet dari mana saja. Komputer, notebook, hingga perangkat ponsel smart phone. Melalui itu kita bisa melakukan kegiatan apa saja, termasuk berbelanja,” terang Andrian.
Sejak beroperasi di Jakarta pada Agustus 2010, Andrian mengaku antusiasme masyarakat cukup besar. Hal ini terlihat dari jumlah member yang bergabung dengan dealkeren, yakni lebih dari 200.000 orang.
Hingga saat ini, dealkeren juga telah menjual rata-rata 20.000 voucher promo dari berbagai merchant setiap bulannya.
Perkembangan tren berbelanja baru inilah yang membuat dealkeren tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di Kota Bandung. Saat ini sudah ada sekitar lima merchant asal Bandung yang bergabung di dealkeren.com.
“Target pasar kami di Bandung masih berhubungan dengan lifestyle, seperti restoran, tempat rekreasi, salon and spa, karaoke. Saat ini yang bergabung dengan kita sudah ada car wash, restoran, ice cream Pissetta, hotel, dan beauty and spa,” papar Andrian.
Salah satu kafe asal Bandung yang sudah melakukan promo di DealKeren adalah Treehouse Cafe. Kafe tersebut menawarkan voucher senilai Rp 50.000 yang dapat dibeli dengan harga separuhnya, yaitu Rp 25.000 melalui dealkeren. Hanya dalam waktu singkat saja, sebanyak 778 voucher pun telah terjual.
“Awalnya sempet ragu karena ini promo online pertama kali yang dilakukan Treehouse, dan budaya belanja online di Bandung masih belum tren. Tetapi, semua ketakutan itu terbayar lunas oleh terjualnya lebih dari 700 voucher,” ujar Sales and Marketing Manajer Treehouse Cafe Arie Hermanto.
Konsep berbelanja dan promosi online yang lebih dikenal dengan istilah daily deal ini mulanya berkembang di Amerika. Daily deals merupakan layanan yang memberikan penawaran terhadap suatu produk dengan harga di bawah harga diskon. Menurut Andrian tren daily deal di negeri Paman Sam itu mulai ada sejak dua tahun lalu.
Sementara di Indonesia sendiri, layanan daily deals mulai jadi perbincangan hangat di kalangan shopaholic dan gadget mania sejak tahun lalu.
Andrian mengaku, ide awal membuka daily deals ini bermula dari pengamatannya bahwa masyarakat Indonesia itu gemar dengan hal-hal berbau diskon.
“Di saat bersamaan, saya juga melihat banyak small merchant punya produk bagus dan kesulitan mempromosikan produk mereka. Hal ini bisa dijembatani dengan konsep DealKeren (daily deals),” ungkapnya.
(avi/ern)
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
No comments:
Post a Comment