Recent Posts

Friday, April 20, 2012

Siapa Sebenarnya Sang Penuduh Taufiq Ismail, Bramantyo Prijosusilo?

share”>




Bram, Taufik (Pebriansyah/detikhot)

Jakarta
Nama Bramantyo Prijosusilo tiba-tiba menjadi ‘terkenal’ di kalangan sastrawan Indonesia. Namanya terbilang paling mencuat di antara ramainya perbincangan mengenai tuduhan plagiarisme yang ditujukan kepada penyair Taufiq Ismail. Taufiq pun sempat mau mempolisikannya. Siapakah dia sebenarnya?

Dia muncul memenuhi undangan perdamaian yang difasilitasi oleh Fadli Zon. Pria berjenggot ala Osama Bin Laden itu muncul dengan busana nyentrik khas seniman. Kain batik yang diikatkan sebagai blankon di kepala dan celana pencak silat.

Datang dari Ngawi, Jawa Timur, dia mengaku sebagai seorang petani, dengan lahan seluar 7 hektar yang ditanami tumbuhan organik seperti padi, jamu-jamuan, dan buah-buahan.

Di luar pekerjaannya sebagai petani, mantan wartawan BBC London itu juga gemar menulis opini dan pemikirannya di media massa atau pun untuk konsumsi pribadi. Bramantyo juga mencintai puisi sejak SMP. 
“Saya juga banyak menulis opini di media massa, tentang masalah sosial, politik dan budaya,” kata pria kelahiran 9 Agustus 1965 itu saat berbincang seusai acara perdamaiannya dengan Taufiq Ismail di Fadli Zon Library, Benhil, Kamis, Jakarta (14/4/2011).

Meski suka menulis, sebenarnya jenjang pendidikan Bram hanya sampai SMA. Ia pernah kuliah di Institut Kesenian Jakarta, namun hanya bertahan selama 9 hari. Bram kemudian menghabiskan masa mudanya di Bengkel Teater Rendra.

“Di sana saya banyak belajar tentang hidup disiplin, untuk diterapkan dalam segala bidang,” katanya yang setelah itu langsung menjajal menjadi wartawan radio berkelas internasional sekitar awal 90-an.

Lalu setelah itu, Bram juga sempat menullis puisi yang akhirnya dinyanyikan oleh Iwan Fals dan Sawung Jabo. Tiga anaknya sudah besar dan saat ini berada di Inggris.

(ebi/mmu)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Foto Lain :

Taufiq Ismail1

Taufiq Ismail & Bramantyo Prijosusilo Berdamai



Selengkapnya »

Baca juga :

  • Perdamaian Taufiq Ismail dan Penuduhnya yang Haru-Biru
  • Taufiq Ismail Akan Berdamai dengan Penuduhnya
  • Ini Dia Jawaban Taufiq Ismail Soal Tuduhan Plagiat
Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/llnN/~3/JafVaEnLn30/siapa-sebenarnya-sang-penuduh-taufiq-ismail-bramantyo-prijosusilo

No comments:

Post a Comment