Recent Posts

Sunday, April 22, 2012

Jika si Kecil Menolak Minum Susu

Your browser does not support iframes.


bsmenolaksusuctt

Foto: 5magazine.wordpress.com

Jakarta

Si kecil ngambek, menolak minum susu? Berbagai jenis susu yang disodorkan selalu dimuntahkan atau ditolak. Jangan kehilangan akal. Susu bisa dirubah bentuk menjadi beragam makanan yang pasti menarik selera si kecil. Bagaimana menyiasatinya?

Si kecil adalah manusia kecil yang kadang-kadang juga ingin melakukan yang ia mau. Kondisi perasaannya juga bisa naik dan turun. Susu selama ini dianggap sebagai makanan wajib yang harus diminum sehari 3 kali oleh si kecil. Padahal, kadang nafsu makannya sedang turun atau badannya kurang sehat. Si kecilpun menolak susu yang biasa disukainya.

Jika menghadapi hal ini jangan cemas. Cobalah mengikuti apa yang ia mau. Karena sumber nutrisi tidak hanya dari susu saja apalagi susu formula. Ada banyak hal yang bisa Anda siasati sebagai pengganti nutrisi susu. Atau pakai cara lain untuk menampilkan susu. Tidak harus dalam botol dan gelas.

Berikut ini beragam cara untuk ‘menyulap’ susu menjadi makanan yang menarik minat si kecil. Karena tampilannya baru dan menarik, pasti si kecil dengan penuh rasa ingin tahu akan melahapnya.

Sup Krim: Sup dengan campuran atau kaldu dan susu ini sangat banyak variasinya. Bisa ditambah wortel, jamur, brokoli dan bisa dihaluskan bersama. Beri taburan keju parut atau crouton (roti tawar yang dipotong kecil dan dipanggang). Gunakan susu tawar atau susu yang biasa diminum si kecil sebagai campurannya. Berikan dalam porsi kecil dulu. Jika suka bisa ditambah lebih banyak porsinya.

Puding: Puding aneka bentuk binatang yang lucu dan diberi hiasan serta disajikan dingin, pasti segera menarik perhatiannya. Masak susu dengan agar-agar bubuk dan tambahkan cokelat, atau buah segar. Cetak dengan cetakan aneka bentuk. Bisa juga disajikan dengan aneka saus atau vla yang dibuat dari susu.

Camilan: Banyak jenis camilan yang dibuat dengan camuran susu, seperti pancake, roti, muffin dan aneka jenis gorengan. Karena bentuk dan rasanya tak persis sama dengan susu tentu si kecil tertarik mencicipinya.

Bubur: Bubur manis dan gurih bisa diberi cmapuran susu. Bisa juga diberi tambahan aneka kacang-kacangan atau buah-buahan. Rasa dan tekstur yang unik pasti mengundang rasa ingin tahu si kecil buat mencicipinya.

Smoothies: Minuman dengan campuran susu dan buah ini disajikan dingin. Bisa dipastikan si kecil bakal jatuh hati dengan minuman ini. Bekukan dulu susu lalu haluskan bersama potongan buah segar dan sedikit madu. Warna yang menarik dan rasa yang baru bakal bikin dia ketagihan.

Campuran aneka bahan, buah atau sayur akan menambah asupan nutrisi si kecil. Biasanya jika tidak minum susu si kecil akan lebih banyak makan. Inilah saat yang tepat untuk memperkenalkan aneka olahan susu dan bahan makanan padanya.

(dev/Odi)

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/mMpT/~3/Hlo-7lClSms/jika-si-kecil-menolak-minum-susu

No comments:

Post a Comment