Recent Posts

Friday, March 16, 2012

Pepino, Buah Berkhasiat dari Pegunungan Andes

Your browser does not support iframes.


aycepepinoctt

Foto: dev/detikFood

Jakarta

Buah yang satu ini bentuk dan namanya memang terasa asing karena tak banyak dijumpai di Indonesia. Buah bercorak loreng keunguan ini juga menyimpan segudang khasiat termasuk bagus untuk tubuh baik dewasa maupun anak-anak. Penasaran?

Pepino, buah yang diketahui berasal dari pegunungan Andes, Peru ini banyak memiliki nama berbeda di tiap negara. Di Belanda misalnya buah ini dikenal sebagai Meloen Peer, di Inggris disebut Peermelon, Xian Gua Quie di Cina dan Pepiino di Jepang. Sedangkan di Indonesia pepino dikenal sebagai buah husada dewa dengan nama latin solanum muricatum yang berasal dari suku terung-terungan.

Karena berasal dari suku terung-terungan itulah bentuk pepino sedikit menyerupai terong. Apalagi warna ungunya dengan corak bergaris dan kadang ada pula yang berwarna kehijauan. Asalnya pengunungan Andes yang sejuk membuah buah ini hanya dapat hidup di dataran yang tinggi yang sejuk. Di Indonesia sendiri sejak tahun lalu pepino telah banyak dibudidayakan di dataran tinggi Karo, Sumatera Selatan.

Meskipun bagian kulitnya berwarna keunguan namun saat dibelah pepino memiliki daging berwarna putih kekuningan. Dibagian tengahnya terdapat biji-bijian. Pepino cocok untuk untuk dikonsumsi sebagai buah segar dan juga olahan seperti jus, manisan, coktail, dan sebagainya.

Pepino ungu mengandung betakaroten yang baik untuk kerdasan otak anak-anak dan juga mencegah kepikunan untuk orang dewasa. Manfaat kesehatan lain buah ini adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan penyakit liver, jantung, hingga mempercepat penyembuhan stroke dan mempercepat pengeluaran batu ginjal. Cukup banyak bukan? Apalagi harganya yang tak terlalu mahal membuat buah ini makin populer dan banyak dicari.

(dev/Odi)

Sumber:http://food.detik.com/read/2011/04/07/182929/1611262/482/pepino-buah-berkhasiat-dari-pegunungan-andes

No comments:

Post a Comment