Recent Posts

Tuesday, March 20, 2012

Pemkot Bandung Gelar Lomba Desain Jembatan Siliwangi

share”>

Bandung -
Pemkot Bandung bekerja sama dengan PT Djarum menggelar lomba desain Jembatan Siliwangi. Lomba itu dinamakan ‘Siliwangi Pedestrian Bridge Design Competition 2011′ yang digelar 11 April hingga 4 Juli mendatang.

Menurut Wali Kota Bandung Dada Rosada, kegiatan itu pada akhirnya berujung pada penataan Sungai Cikapundung, khususnya di sekitar Jembatan Siliwangi yang ada di Jalan Siliwangi.

“Akhirnya penataan. Jadi ujung-ujungnya adalah penataan untuk memperbaiki yang sekarang kan kelihatannya kurang bagus. Dan pada akhirnya, produknya adalah untuk kegiatan kepentingan masyarakat,” jelas Dada.

Hal itu dikemukakan Dada Rosada kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jumat (8/4/2011).

Terkait lomba desain tersebut, peserta diharuskan menyusun proposal desain penataan kawasan Jembatan Siliwangi. Di mana dalam proposal itu terdapat pendalaman konsepsi dan perancangan yang siap dibangun.

Rancangannya sendiri terdiri dari penataan kawasan elemen elastis jembatan, penataan jalur jalan, penataan pejalan kaki, termasuk lampu jalan dan penataan vegetasi.

Menurut Dada, lomba tersebut adalah bagian dari layanan pemerintah yang ingin menata Sungai Cikapundung. Namun, layanan pemerintah tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan dan peran serta masyarakat.

Sehingga, kata dia, diadakanlah lomba desain tersebut. Kegiatan ini dibiayai sepenuhnya oleh PT Djarum.

“Pelayanan pemerintah kalau tidak dibarengi masyarakat ya susah juga,”
ungkap Dada.

Sementara dalam rilis yang diterima diterima detikbandung, ada alasan khusus kenapa penataan dilakukan pada Jembatan Siliwangi. Kawasan tersebut merupakan perlintasan para pengunjung dari Cihampelas, Ciumbuleuit, Sukajadi, Setiabudi, dan RE Martadinata.

Kawasan itu merupakan batas antara Sungai Cikapundung yang relatif natural di hulu dengan kawasan yang terkena dampar negatif pembangunan di hilir.

Nantinya, desain yang dipakai diharap dapat membuat Jembatan Siliwangi selalu mengingatkan pada keberadaan Sungai Cikapundung, Program Cikapundung Bersih, dan yang terpenting adalah memeliharanya.

Bagi yang berminat mengikuti lomba ini, informasi pendaftaran bisa dilihat melalui www.bandungcompetition.com.

(ors/bbn)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://bandung.detik.com/read/2011/04/08/132820/1611766/486/pemkot-bandung-gelar-lomba-desain-jembatan-siliwangi

No comments:

Post a Comment