Recent Posts

Thursday, March 1, 2012

Obama Tidak Akan Pakai Mobil Ramah Lingkungan

share”>

cadillac one lk 1


bannerpromo allproperty detikinet 200x400

Washington D.C – Meski sudah mengeluarkan instruksi untuk mengganti semua kendaraan pemerintah federal Amerika Serikat dengan mobil ramah lingkungan, limo Presiden Barack Obama dan para pejabatnya nampaknya masih akan tetap menggunakan mobil bermesin konvensional karena alasan keamanan.

Secret Service AS mengatakan bahwa beberapa kendaraan federal akan dibebaskan dari instruksi Presiden Barack Obama itu karena alasan keamanan.

Sebelumnya Obama sudah menginstruksikan semua kendaraan federal yang dibeli mulai 2015 menjadi contoh teknologi canggih dengan menggunakan dapur pacu dengan teknologi hibrid, listrik atau bahan bakar lain selain bensin dan solar.

“Kendaraan khusus tertentu termasuk mereka dengan spesifikasi penegak hukum dan keamanan tidak dikenakan direktif ini,” ungkap Juru bicara Secret Service Robert Novy seperti detikOto kutip dari Detroit News, Minggu (3/4/2011).

“Aku memimpin departemen dan badan-badan kita untuk memastikan 100 persen dari kendaraan yang mereka beli adalah mobil hemat energi bahan bakar bersih pada 2015. tidak 50 persen, tidak 75 persen tapi 100 persen kendaraan kita,” kata Obama sebelumnya.

Obama mencatat bahwa pemerintah federal memiliki lebih dari 600.000 kendaraan. Gedung Putih mengatakan kendaraan teknologi canggih akan pemerintah beli pada tahun 2015 meliputi hibrida, kendaraan listrik dan kendaraan berbahan bakar alternatif.

Namun ambisi Obama itu nampaknya akan terhambat batas keamanan yang ditetapkan Secret Service. Terlebih dahulu dia juga berjanji bahwa dalam satu tahun menjadi Presiden, seluruh armada Gedung Putih akan dikonversi menjadi plug-in hibrid.

Dan separuh dari semua mobil yang dibeli oleh pemerintah federal harus plug-in hibrida atau listrik di tahun 2012. Namun rencana itu tinggallah rencana, Obama belum melakukannya dan rencana pembelian 100 unit mobil listrik tahun ini pun tidak jelas lembaga mana yang akan menggunakannya.

Tahun lalu, Obama sempat meminta masukkan dari Secret Service apakah dia bisa naik kendaraan hibrid, namun permintaan itu ditolak.

“Sekarang, alasannya adalah bukan karena Secret Service adalah orang jahat. Ini karena mobil yang aku tumpangi adalah sebuah tangki seperti.. Maksud saya, mereka, seperti yang mungkin Anda bayangkan, memiliki sedikit barang tambahan di atasnya. Jadi beratnya dua atau tiga kali lipat mobil biasa. Jadi mereka tidak bisa mendapatkan kinerja, dalam hal percepatan, bila menggunakan mesin hibrida,” kata Obama.

Limusin presiden Amerika yang bernama The Beast sendiri dirakit oleh General Motor Co di pabrik di Detroit. Pada bulan Januari 2009, GM memberikan sebuah limusin baru untuk penggunaan Gedung Putih yang menggantikan Cadillac DTS 2006.

Kendaraan itu memiliki baju besi yang berat yang dilaporkan memiliki ketabalan minimal 5 inci. Hal ini ditujukan untuk menahan proyektil peluru, mobil dipres dengan menggunakan berbagai logam seperti aluminium, titanium dan material keramik.

Pintu setebal 8 inci yang hampir mirip dengan pintu kabin pesawat Boeing 787 terpasang untuk menambah keamanan Obama.

Limusin ini juga memiliki ban run-flat yang terbuat dari serat kevlar yang tahan bocor serta pelek baja yang masih bisa melaju jika ban terkelupas, kaca antipeluru dan interior benar-benar tertutup untuk menangkis serangan kimia, banyak di antara fitur keamanan berteknologi tinggi lainnya serta memiliki alat komunikasi elektronik yang signifikan terdapat di mobil ini.

Fitur keselamatan yang terdapat di mobil ini bukan hanya itu saja, di dalam The Beast juga tersedia cadangan darah untuk Obama bila sang presiden dalam keadaan darurat, persediaan oksigen, kamera night vision, gas air mata dan sejumlah fasilitas lain.

Dengan semua perlengkapan itu, walhasil, mobil Obama cukup berat, mobil ini pun hanya memiliki top speed 96 km per jam dan menghabiskan bahan bakar setiap 8 mil per galonnya karena harus berlari dengan berat mobil yang mencapai 4.536 kg.

Dari sisi interior, untuk jok seperti halnya Cadillac CTS juga dijahit dengan tangan. Kursi penumpang belakang, sangat luas dengan tempat duduk eksklusif untuk Obama dan staf eksekutifnya.

Logo presiden bordiran ditempatkan di tengah panel jok belakang Limo. Stempel presiden juga tertempel di luar pintu belakang.

Dengan Cadillac, Obama berarti menambah panjang deretan presiden AS yang menggunakan limo mewah ini. Peran Cadillac dimulai pada Perang Dunia I.

Deretan pengguna Cadillac adalah Woodrow Wilson, Franklin D. Roosevelt, Harry S. Truman dan Dwight D. Eisenhower, John F. Kennedy, Lyndon B. Johnson, William J. Clinton, Ronald W. Reagan dan George W Bush. Dan kini Obama mencicipi Cadillac.


( syu / ddn )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Sumber:http://oto.detik.com/read/2011/04/03/164128/1607595/648/obama-tidak-akan-pakai-mobil-ramah-lingkungan

No comments:

Post a Comment