Recent Posts

Wednesday, March 7, 2012

Kemungkinan Ulat Bulu Serang Tanaman Kopi dan Kakao Diantisipasi

Your browser does not support iframes.

Surabaya -
Serangan ulat bulu yang sudah merusak ribuan pohon mangga di Kabupaten Probolinggo maupun Pasuruan, dikhawatirkan juga menyerang tanaman inang yang berada di dataran tinggi seperti pohon kopi dan Kakao.

“Kita sudah menyampaikan ke teman-teman di dinas perkebunan, jangan sampai ulat itu menyerang ke sana,” kata Kepala Dinas Pertanian Pemprov Jawa Timur, Wibowo Eko Putro kepada detiksurabaya.com, Selasa (5/4/2011).

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Pemprov Jatim, M Samsul Arifien saat dikonfirmasi membenarkan informasi tentang ulat bulu yang bisa menyerang pohon kopi dan kakao.

“Memang ada kemungkinan dapat menyerang kopi dan kakao,” kata M Samsul Arifien.

Ia mengatakan, ada sekitar 2.600 hektar kebun kopi yang berada di kawasan Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Dari 2.600 hektar itu terdiri dari 1.100 hektar kebun kopi arabika dan 1.500 kopi robusta.

Tanaman tersebut tumbuh di lahan yang di dataran tinggi atau 1.000 dpl (di atas permukaan laut). Kawasan tersebut akan menjadi perhatian, karena lokasinya dekat dengan kecamatan di Probolinggo yang terserang ulat bulu.

“Kita mengantisipasinya dan dalam minggu ini sudah menyiapkan pestisida sekitar 100 liter. Selain itu, petugas pengamat hama dari balai besar proteksi tanaman juga akan bertugas memantau hama di kopi dan kakao,” jelas Samsul.

Seperti yang diberitakan, serangan jutaan ulat bulu menyerang sekitar 14.682 pohon mangga di beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo hingga meluas ke kawasan Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Ulat bulu tersebut memakan habis daun pohon mangga dan tidak memilih pohon lainnya.

(roi/gik)



Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga:

  • Serangan Ulat Bulu di Probolinggo Meluas di 7 Kecamatan
  • 200 Burung Predator Pemangsa Ulat Dilepas di Probolinggo
  • Hadapi Serangan Ulat Bulu, Doa Bersama akan Digelar di Tegalsawahan
  • Pohon Mangga yang Diserang Ulat Diyakini Akan Berbuah Lebih Lebat
  • Disemprot Disinfektan, Populasi Ulat Bulu di Probolinggo Susut
  • Pembasmian Ulat Bulu di Probolinggo Terkendala Cuaca

1x1


bannerpromo allproperty bukukuning 280x125

Sumber:http://surabaya.detik.com/read/2011/04/05/120127/1608829/475/kemungkinan-ulat-bulu-serang-tanaman-kopi-dan-kakao-diantisipasi

No comments:

Post a Comment