Recent Posts

Saturday, March 10, 2012

Kemenkum HAM Persilahkan Polisi Periksa Sipir Lapas Pamekasan

Your browser does not support iframes.

Surabaya -
Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) Jatim mendukung pengusutan napi yang kedapatan konsumsi sabu-sabu di Lapas Narkotika Pamekasan, termasuk memeriksa sipir yang diduga terlibat.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jatim, Djoko Hikmahadi, polisi tidak harus meminta izin memeriksa petugas lapas kepada pihaknya. Polisi cukup meminta izin kepada Kepala Lapas (Kalapas) Pamekasan.

“Polisi kan kalau memeriksa seseorang pasti sudah mempunyai bukti awal yang cukup kuat sehingga mengharuskan memeriksa orang tersebut. Jadi tidak perlu surat izin dari sini, cukup kalapas,” kata Djoko Hikmahadi, saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (5/4/2011).

Bahkan Djoko mengungkapkan, jika dirinya menjabat sebagai kapalas, maka dirinya akan mempersilahkan anak buahnya diperiksa oleh petugas kepolsiian. “Sekarang kan bukan saatnya menutup-tutupi. Buat apa ditutup-tutupi. Apalagi dalam PP 53 disebutkan melindungi anak buah yang salah akan ikut serta melakukan kejahatan,” imbuhnya.

Selain itu, Djoko juga mengungkapkan jika sampai saat ini pihaknya masih belum mendapatkan laporan terkait adanya razia di dalam Lapas Narkotika Pamekasan yang dilakukan oleh polisi. Bahkan dalam razia itu ditemukan seorang narapidana positif mengkonsumsi sabu setelah dilakukan tes urine, serta ditemukannya seperangkat alat hisap dan sabu-sabu.

Djoko mengaku dirinya belum mendapat info terbaru mengenai kasus tersebut. “Sampai saat ini belum ada laporan mengenai adanya razia maupun hasil dari razia tersebut. Bahkan saya juga tidak tahu apa kalapas sudah mem BAP petugas yang terkait itu. Saya malah mendapat update dari anda,” tandasnya.

Sebelumnya, Polres Pamekasan mengirimkan surat ke Kemenkum HAM Jatim untuk melakukan pemeriksaan terhadap petugas Lapas Narkotika Pamekasan yang diduga terlibat peredaran sabu-sabu di dalam lapas. Pemeriksaan ini terkait pengakuan dari Suhartono narapidana yang ditangkap polisi saat razia didalm lapas.

(ze/bdh)



Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga:

  • Razia di Lapas Narkoba Pamekasan, Polisi Temukan Napi Nyabu
  • Aktivis LSM dan Oknum PNS Diringkus Polisi Saat Pesta Sabu
  • Bandar dan Penguna Sabu Diringkus
  • Enam Pengedar Sabu di Kediri Dibekuk
  • Dicerai Suami, Janda Cantik Nekat Jadi Pengedar Pil Koplo
  • Bawa Ratusan Pil, Seorang Remaja Dicokok Saat Nyimeng

1x1


bannerpromo allproperty bukukuning 280x125

Sumber:http://surabaya.detik.com/read/2011/04/05/230929/1609484/475/kemenkum-ham-persilahkan-polisi-periksa-sipir-lapas-pamekasan

No comments:

Post a Comment