Recent Posts

Sunday, March 11, 2012

Brokoli Bikin Perut Kembung?

Your browser does not support iframes.


Brokolictt

Foto: www.noghtenazar2.info

Jakarta

Perut kembung sesudah makan? Coba perhatikan kembali apa yang sudah Anda makan. Bisa jadi salah satu makanan yang Anda makan menjadi penyebab perut kembung. Apa saja sih makanan yang bisa membuat perut sebah atau kembung?

Perut sering sebah atau kembung setelah makan? Rasanya tentu saja tidak nyaman, merasa penuh meskipun kadang tidak makan dalam porsi yang besar. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh makanan yang Anda makan, meskipun tidak selalu  jadi faktor utama penyebabnya.

Namun, memang ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menimbulkan gas pada lambung. Anda yang memiliki masalah dengan lambung, seperti maag, makanan-makanan ini justru akan memicu gas lambung semakin tinggi. Berikut ini makanan dan minuman yang sensitif terhadap gas lambung.

1. Mint
Daun mint atau minuman yang mengandung mint, dibalik aromanya yang segar ternyata bisa menimbulkan masalah dengan pencernaan. Menurut Dr Gerald Ashton Isenberg yang bekerja di departemen gastroenterologi di UH Kasus Medical Center di Cleveland, Ohio,  daun mint bisa meningkatkan *refluks *asam sehingga membuat asam lambung yang ada di perut kembali ke kerongkongan. Inilah yang membuat rasa mual hingga muntah. Seperti yang telah dilansir AOL Health.

2. Soda dan Jus Buah
Ada beberapa orang yang intoleransi terhadap laktosa, tapi kini ada juga yang intoleransi terhadap fruktosa. Berdasarkan penelitian Dr. Jacob Teitelbaum dari Fibromyalgia, sebanyak 30% orang dewasa telah malabsorpsi fruktosa yang berarti, tubuh mereka menyerap kurang dari 25 gram fruktosa dalam sekali waktu. Hal ini dapat memicu infeksi terhadap usus besar.

3. Kacang-kacangan
Kacang mengandung oligosakarida, sejenis gula kompleks yang dapat menghasilkan gas dalam usu dan lambung. Molekul oligosakarida terlalu besar untuk usus besar dan tubuh pun tidak memiliki enzim khusus untuk memecah gula kompleks ini.

4. Kopi
Tiap biji kopi mengandung asam yang dapat mengiritasi dinding lambung, karena produksi asam klorida berlebihan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas dan kembung. Jika Anda sudah memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya hindari minum kopi agar terhindar dari kembung.

5. Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran yang memproduksi gas sehingga menyebabkan masalah di lambung. Brokoli termasuk sayuran yang mengandung serat larut, jenis serat yang sulit hancur dan apabila sampai di usus besar bisa menimbulkan gas.

6. Tomat
Buah merah yang memiliki rasa asam segar ini bisa merangsang produksi asam pada lambung. Asam lambung ini akan kembali ke kerongkongan dan bisa mengikis lapisan kerongkongan sehingga kadang terjadi iritasi.

7. Cokelat
Cokelat memang sangat baik berperan untuk mengembalikan mood yang sedang berantakan dan menjaga kesehatan jantung. Tetapi cokelat juga bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan. Karena adanya  senyawa theobromine yang dimiliki biji kakao, teh dan juga kopi.

Makanan dan minuman tadi tidak secara langsung menyebabkan gas lambung meningkat jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit serta kondisi lambung normal.

(eka/Odi)

Sumber:http://food.detik.com/read/2011/04/06/163203/1610206/900/brokoli-bikin-perut-kembung

No comments:

Post a Comment