Recent Posts

Tuesday, February 21, 2012

Serunya Factory Visit Pemenang Adu Resep Masako

Your browser does not support iframes.


BBAjinomotoctt

Foto: wln/detikfood

Surabaya

Acara adu resep andalan keluarga Masako telah menarik 30 orang Ibu dari seluruh Indonesia. Mereka diajak melihat secara langsung proses pembuatan bumbu penyedap yang sudah dikenal sejak tahun 1989 ini. Bagaimana serunya para ibu ini selama kunjungan? Yuk, intip di sini!

Setiap hari, para Ibu di Indonesia memasak menggunakan bumbu penyedap. Salah satu bumbu penyedap yang cukup ‘akrab’ dengan para Ibu ini adalah Masako yang telah hadir menemani para Ibu di Indonesia sejak tahun 1989. Produk Masako ini merupakan produk unggulan Ajinomoto yang terdiri dari dua varian rasa, ayam dan juga sapi. Masako memberikan rasa ‘umami’ atau rasa gurih yang tidak bisa didapat dari pencampuran garam dan gula saja.

Rabu, 30 Maret 2011 kemarin, Masako mengajak 30 Ibu Indonesia untuk mengunjungi pabriknya yang berada di Mojokerto, Surabaya. Ke-30 orang ibu-ibu ini adalah pemenang lomba adu resep Masako yang telah dimulai sejak beberapa bulan silam. Acara yang bertajuk ASLI Masako (Arena Santapan Lezat Ibu) ditujukan untuk para ibu di seluruh Indonesia yang ingin memperkenalkan resep andalan keluarganya.

Pemenang lomba resep ini berjumlah 155 orang termasuk 30 orang pemenang utama yang mendapatkan hadiah berupa tur ke pabrik Ajinomoto yang berada di Mojokerto, Surabaya. “Tujuan dari acara ini adalah untuk menunjukkan proses pembuatan Masako secara langsung, sehingga para ibu percaya dan yakin kalau Masako dibuat dari daging asli bukan ekstrak,” ujar Mr. Masahiro Tani selaku Vice President Ajinomoto Indonsia saat membuka acara.

Acara siang kemarin diawali dengan mengenal lebih dekat MSG. Info ini memberikan keyakinan kepada para peserta bahwa MSG cukup aman dikonsumsi karena komponen utamanya (glutamat ‘bebas’) yang secara alami terdapat di dalam setiap makhluk hidup. “Glutamat inilah yang menciptakan rasa umami alias rasa gurih yang merupakan rasa dasar kelima setelah manis, asin, pahit, dan juga asam,” terang Ibu Katarina saat memandu acara.

Ke-30 peserta diajak mengunjungi pabrik Masako sekaligus Sajiku Tepung Bumbu. Dikunjungan yang pertama, seluruh peserta diajak melihat proses EMP alias pembuatan Ekstract Meat Powder. Disini para peserta akhirnya tahu bahwa Masako terbuat dari daging sapi dan juga ayam asli. Diawali dengan melihat proses penghancuran daging ayam dengan menggunakan Autoclave, lantas pemisahan daging ayam dari tulang, pengeringan daging ayam, hingga mencampurnya dengan bumbu-bumbu pilihan.

Setelah diajak berkeliling melihat proses EMP, peserta diajak berpindah gedung dan melihat proses pengemasan produk Masako. Seluruh proses pembuatan Masako dilakukan dengan menggunakan mesin otomatis, hanya pemisahan tulang ayam dengan dagingnya saja yang masih menggunakan tenaga manusia.

Para peserta ini pun tidak mau melewatkan kesempatan untuk bertanya-tanya mengenai Masako dan juga Ajinomoto. Seperti ibu Kurniasih asal Klaten yang sempat bertanya keamanan Masako untuk dikonsumsi oleh balita. Dan beberapa pertanyaan lain seperti daging sapi yang digunakan berasal dari mana? Dan apakah daging ayam yang digunakan merupakan ayam negeri atau ayam kampung.

“Wah, saya benar-benar baru tahu ternyata pabrik Ajinomoto ini benar-benar bersih, higienis, dan Masako itu berbahan baku ayam dan daging sapi asli,” ungkap Ibu Nunu Purwasih salah satu peserta asal Bali.

Puncak acara ASLI Masako ini dilakukan di ballroom Hotel Sheraton, Surabaya. Gala Dinner yang dipandu oleh MC Okky Lukman cukup menghangatkan suasana. Chef Ragil juga hadir sebagai chef tamu yang mendemokan dua buah masakan, sup bakso tahu dan juga tiimun cah udang. Bagi-bagi hadiah kepada para peserta pun dilakukan disela-sela acara makan malam. Acara gala dinner kemarin pun ditutup oleh penampilan pedangdut Inul Daratista yang membuat semua peserta bergoyang riang.

(eka/Odi)

Sumber:http://food.detik.com/read/2011/04/01/161517/1606633/294/serunya-factory-visit-pemenang-adu-resep-masako

No comments:

Post a Comment