Recent Posts

Friday, February 24, 2012

BI: 50% UKM Masih Belum Tersentuh Jasa Perbankan

share”>

Jakarta -
Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menjalin kerja sama peningkatkan kontribusi koperasi dan usaha mikro kecil menengah. BI  mengharapkan sebanyak 50% dari total UKM yang belum tersentuh perbankan bisa lebih maju dengan menggunakan jasa perbankan.

“Kesepakatan ini bertujuan untuk mendayagunakan dan mensinergikan sumber daya yang ada di BI dan kementerian koperasi dan UKM. Selain itu, sebanyak 50% dari UKM kita belum tersentuh jasa perbankan, dengan ini kita harapkan dapat terus meningkat,” kata  Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution disela acara penandatangan MoU dengan Kemenkop UKM di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (1/4/2011).

Menurut Darmin, BI dan Kemenkop akan meningkatkan akses pembiayaan dan pengembangan koperasi, UKM dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya.

Ditempat yang sama Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan kontribusi UKM terhadap PDB kedepan diharapkan akan lebih meningkat.

“Kontribusi koperasi dan UKM terhadap PDB (pendapatan domestik bruto) nasional mencapai 56,5%. Atas dasar tersebut, MoU ini bisa mengembangkan kontribusi koperasi dan ukm lebih baik lagi,” ujarnya.

Kemenkop UKM mencatat, sampai saat ini 99% pelaku perekonomian Indonesia berasal dari koperasi dengan jumlah 177.483 unit, dan UKM yang berjumlah 52,7 juta unit usaha.

“Untuk tenaga kerja, 97% diserap oleh pelaku koperasi dan UKM,” katanya.

Dengan MoU tersebut BI dan Kemenkop UKM akan menyinergikan program, termasuk program pembinaan oleh Kemenkop UKM, dan program tabunganku oleh BI.

“Jadi selain kita memiliki perwakilan dan terus melakukan koordinasi dengan semua daerah, kita juga ada program Tabunganku untuk meluaskan upaya akses keuangan yang menyeluruh sehingga para pelaku dapat memanfaatkannya, karena Tabunganku ini tidak ada potongan,” timpal Darmin.

(dru/hen)

GRATIS! puluhan voucher pulsa! ikuti terus berita dari DetikFinance di Hape-mu.
Ketik REG FIN kirim ke 3845 (khusus pelanggan Indosat Rp.1300/hari)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca juga :

  • DPR Minta BI Proaktif Kucurkan Kredit ke Sektor Riil
  • SBY Janji Dorong Perbankan Turunkan Bunga Kredit
  • Perbanas: Bunga Kredit Sudah Turun
Sumber:http://www.detikfinance.com/read/2011/04/01/165046/1606662/5/bi-50-ukm-masih-belum-tersentuh-jasa-perbankan

No comments:

Post a Comment