Recent Posts

Tuesday, February 21, 2012

Diet untuk Penderita Kolesterol Darah

Your browser does not support iframes.


buahsayurctt


Jakarta

Kolesterol darah Anda tinggi? Atau Anda memiliki masalah dengan jantung? Mulailah perhatikan makanan yang Anda makan, mulai dari jenis sayuran dan buah-buahan. Gaya hidup sehat pun harus diterapkan, mau tahu caranya? Temukan jawabannya di sini.

Makanan adalah salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan penyakit. Meskipun begitu, makanan juga bisa membantu Anda meringankan penyakit. Salah satu penyakit yang cukup ditakuti adalah penyakit jantung. Tapi hal ini bisa dihindari dengan pola hidup sehat dan makanan yang lebih sehat dan teratur.

Penykit jantung bisa datang karena dipicu oleh kolesterol darah yang tinggi. Dan kadang seseorang tidak mengetahui kalau kadar kolesterolnya sudah meningkat tajam. Agar jantung tetap sehat dan kolesterol darahpun dalam keadaan normal, berikut 5 cara sehat untuk mendapatkan jantung yang sehat pula.

1. Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. meskipun terbilang sederhana, makanan-makanan tadi mengandung serat yang tinggi. Serat berperan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah.

2. Teliti dalam memilih makanan yang mengandung lemak, seperti mentega, dressing salad, dan juga kue-kue manis. Apabila Anda harus menambahkan mentega ke dalam masakan atau kue, pilihlah yang lemaknya rendah atau pilih dressing salad yang kandungan asam lemak tak jenuh tunggalnya lebih tinggi seperti yang terdapat di dalam minyak zaitun.

3. Tidak hanya makanan yang berlemak saja yang bisa meningkatkan kadar kolesterol darah, makanan yang mengandung protein pun bisa jadi pemicu. Bukan berarti Anda harus meninggalkan protein, tapi Anda bisa menggantinya dengan yang lebih aman. Seperti halnya protein hewani bisa diganti dengan protein nabati yang didapat dari susu kedelai. Asam lemak omega-3 juga telah terbukti menurunkan resiko penyakit jantung seperti yang direkomendasikan The American Heart Association untuk mengkonsumsi ikan dalam menu sehari-hari.

4. Mengganti karbohidrat serta batasi makanan manis. Apabila Anda termasuk orang yang tak bisa lepas dari karbo, Anda bisa mendapatkan pengganti energi dari karbohidrat kompleks seperti gandum dan juga umbi-umbian. Tidak hanya menurunkan resiko kolesterol, juga menurunkan resiko diabetes. Makanan manis cenderung memicu kolesterol darah menjadi tinggi sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung juga.

5. Teratur mengatur pola makan adalah salah satu cara yang baik untuk mengurangi resiko kolesterol. Jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang dan jangan berlebihan agar gula darah pun dapat terkontrol dengan baik. Sehingga metabolisme tubuh pun berjalan secara normal. Jika Anda tipe orang yang tidak tahan lapar, Anda bisa menambahkan waktu makan dari 3 kali menjadi 5 kali namun dengan porsi yang lebih sedikit.

(eka/Odi)

Sumber:http://food.detik.com/read/2011/04/01/182127/1606751/900/diet-untuk-penderita-kolesterol-darah

No comments:

Post a Comment