Recent Posts

Tuesday, February 21, 2012

Kentang Raksasa dari Dataran Tinggi Karo

Your browser does not support iframes.


aycekentangctt

Foto: dev/detikFood

Jakarta

Kentang yang satu ini memang unik. Kulitnya berwarna kemerahan dengan ukuran super besar, sekitar dua kali kentang biasa. Mau digoreng bersama kulitnya atau dibuat baked potato? Hmm… sama rasanya empuk, gurih dan lembut. Penasaran?

Brastagi memang terkenal akan buah-buahan dan aneka sayurannya yang segar. Kota yang terletak di dataran tinggi Karo ini memang dikenal sebagai daerah penghasil jeruk, markisa, mangga udang, terong Belanda, wortel, kol, dan masih banyak lainnya.

Namun, satu lagi yang tak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke sana, yaitu kentang Kentucky. Apa kentang kentucky? Disebut kentang kentucky karena kentang ini berasal dari Kentucky, Amerika. Ternyata bibit kentang dari negara paman sam tersebut cocok ditanam oleh penduduk di dataran tinggi Karo yang beriklim sejuk.

Kentang kentucky cukup mencolok, selain dari segi ukuran yaitu sangat besar – sekitar dua atau tiga kali kentang biasa – warna kulitnya yang kemerahan juga menjadi keunikannya. Selain di Pajak Brastagi (pajak merupakan sebutan orang Medan untuk menyebut pasar) yang berlokasi di dekat tugu perjuangan, kentang ini juga banyak dijual di sepanjang jalan menuju Brastagi.

Kentang ini tidak hanya cocok dijadikan oleh-oleh, tetapi juga enak untuk dibuat camilan sebagai kentang goreng goreng, dibuat mashed potato, kroket atau baked potato. Kulitnya yang tipis menyimpan daging yang tebal, legit, dan empuk nyam… nyam! Rata-rata untuk sekilo kentang kentucky ditawarkan sekitar Rp 15.000,00. Nah, kalau jalan-jalan ke Brastagi jangan lupa beli kentang kentucky ya!

(dev/Odi)

Sumber:http://food.detik.com/read/2011/04/01/135105/1606506/482/kentang-raksasa-dari-dataran-tinggi-karo

No comments:

Post a Comment