Recent Posts

Monday, May 14, 2012

Longsor di Malang Diduga Akibat Panas dan Curah Hujan Tinggi

Your browser does not support iframes.

Surabaya -
Penyebab longsor yang terjadi di Dusun Sedawun, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, hingga mengakibatkan 10 orang tewas dan 8 orang mengalami luka-luka, diduga akibat panas dan curah hujan di lokasi kejadian itu cukup tinggi.

“Karena curah hujan yang beberapa hari lalu cukup tinggi dan menjadi genangan di bukit itu sendiri,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Siswanto saat dihubungi detiksurabaya.com, Senin (18/4/2011).

Siswanto menerangkan, sebelum curah hujan cukup tinggi di lokasi tersebut, bukit  setinggi sekitar 300 meter yang terdiri dari pasir, batu dan tanah liat (lempung) sempat retak dan pecah-pecah karena terkena panas sinar matahari.

“Saat terjadi hujan, menjadi gumpalan-gumpalan dan terkena angin terjatuh. Pada saat jatuh, di bawah bukit itu ada 25 masyarakat yang mencari kayu untuk hajatan warga sekitar, sedang istirahat sambil ngopi merokok menunggu tumpangan kendaraan,” tuturnya.

Siswanto menegaskan, yang longsor bukan tanah bukit tersebut, namun gumpalan tanah yang berjatuhan sehingga mengakibatkan warga yang saat itu berada di bawahnya mengalami luka-luka maupun meninggal dunia.

“Gumpalan tanah bercampur batu ukuran besar itu berjatuhan. Masyarakat di bawahnya  tidak bisa melarikan diri, karena kanan kiri dan depannya tebing. Diam juga terkena gumpalan batu tanah,” tuturnya.

Siswanto mengatakan, buki ttersebut tidak dilakukan penutupan, karena jauh dari pemukiman dan jalan raya.

“Lokasinya nggak perlu ditutup, karena jauh dari jalan raya. Di lokasi, untuk dilintasi kendaraan sepeda motor saja susah. Kami hanya mengnformasikan ke masyarakat agar berhati-hati dan waspada,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, 26 warga Dusun Sedawun, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang menjadi korban tanah lonsor saat bergotong royong mencari kayu bakar untuk membantu hajatan tetangga mereka.

Akibat kejadian tersebut, 9 orang tewas di lokasi kejadian, 1 satu meninggal saat menjalani perawatan di RSSA Malang. Sedangkan 8 orang lainnya mengalami luka-luka.

(bdh/bdh)



Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga:

  • Korban Tewas Tanah Longsor di Malang Menjadi 10 Orang
  • Korban Tertimbun Tanah Longsor Saat Cari Kayu Bakar Buat Hajatan
  • Pencari Kayu Korban Tanah Longsor Ditemukan dalam Keadaan Tewas
  • 8 Orang Pencari Kayu Tertimbun Tanah Longsor
  • Fiber Optic Putus, Telkom Pastikan Tak Ada Gangguan
  • Longsor di Pacitan Putuskan Serat Optik Telkom

1x1


bannerpromo allproperty bukukuning 280x125

Sumber:http://feedproxy.google.com/~r/detik/Zgvz/~3/O3pwzxVUZ_4/longsor-di-malang-diduga-akibat-panas-dan-curah-hujan-tinggi

No comments:

Post a Comment