Recent Posts

Saturday, March 3, 2012

Dinas Pendidikan Jamin Tidak Ada Manipulasi Nilai Jelang Ujian Nasional

Your browser does not support iframes.

Surabaya -
Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK akan diselenggarakan secara serentak di Jawa Timur pada 18-21 April. Untuk tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan 25-28 April.

Untuk penentuan kelulusan pada UN yang akan digelar April mendatang digunakan formula baru yakni nilai gabungan antara nilai UN dengan ujian sekolah serta nilai rapor.

Dinas Pendidikan Jawa Timur menjamin nilai hasil ujian sekolah serta rapor yang ikut menentukan kelulusan, aman dari bentuk intervensi maupun manipulasi.

“Kita tidak akan mentolerir kecurangan yang dilakukan pihak sekolah yang berbuat curang dengan merubah nilai rapor serta nilai ujian sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Harun kepada wartawan usai memimpin Rapat Koordinasi Pengamanan Ujian Nasional di ruang Sabhanugara di Gedung Dinas Pendidikan Jatim, Senin (4/4/2011).

Harun berjanji akan memberikan sanksi adiministratif kepada sekolah maupun kepala sekolah jika ditemukan indikasi kecurangan yakni merubah nilai sekolah dan nilai ujian sekolah agar siswanya bisa lulus.

Sanksi yang akan diberikan, kata harun bisa berupa usulan penundaan pengangkatan jabatan hingga pencopotan jabatan. Oleh karena itu, Harun berharap dalam hal ini dirinya meminta kepada kepala sekolah maupun guru serta siswa agar mengedepankan kejujuran.

“Dalam hal ini kejujuran kepala sekolah, guru dan siswa sangat kita harapkan untuk dikedepankan,” harapnya.

Selain itu Harun menjelaskan, komposisi penggabungan nilai kelulusan, nilai ujian sekolah mempunyai persentase 40 persen. Sedangkan sisanya, 60 persen diambil dari nilai hasil UN.

(ze/gik)



Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca Juga:

  • Jelang Unas, Siswa-siswi Ta’miriyah Gelar Doa Bersama
  • Plat Soal UN Dikawal Ketat, Karyawan Percetakan Dikarantina
  • 933 Siswa SMK Serempak UN Ulang di 6 Sekolah
  • UN Ulang Tingkat SMA Lancar
  • Nilai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Banyak yang Rendah
  • 1.043 Siswa SMU & SMK di Surabaya Ikut UN Ulangan

1x1


bannerpromo allproperty bukukuning 280x125

Sumber:http://surabaya.detik.com/read/2011/04/04/135533/1608111/466/dinas-pendidikan-jamin-tidak-ada-manipulasi-nilai-jelang-ujian-nasional

No comments:

Post a Comment