Recent Posts

Tuesday, March 6, 2012

BI: Banyak Nasabah Kartu Kredit Bandel

share”>

Jakarta -
Bank Indonesia (BI) mengungkapkan ternyata banyak juga nasabah yang bandel dalam membayar tunggakan kartu kredit. Dari pertimbangan itu lah pihak bank harus mengejar nasabah hingga menggunakan debt collector dalam pelunasan pembayaran.

Demikian diungkapkan Deputi Gubernur Bank Indonesia S. Budi Rochadi ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (4/4/2011).

“Jangan salah, ingat, banyak juga nasabah yang bandel dalam pelunasan pembayaran kartu kredit,” ujar Budi.

Dikatakan Budi, nasabah kadang menghiraukan bank ketika ada tagihan kartu kredit. Menurutnya, ketika nasabah terus menghindar maka yang terjadi adalah penumpukan bunga dan cicilan pembayaran.

“Ketika bank menelepon atau bank coba mengejar melalui pemberitahuan banyak nasabah yang berkelit. Seperti tidak mengangkat telepon atau mengaku tidak ada ditempat. Padahal niat bank hanya mengingatkan,” tambahnya.

Menurut Budi, ada hal yang dinilai tidak seimbang ketika bank selalu dipersalahkan melalui debt collectornya. Padahal, banyak nasabah menunggak karena kelalaiannya sendiri.

“Jadi ini ada yang tidak seimbang dianggap nasabahnya baik, padahal bank tidak akan menggunakan debt collector ketika nasabah rutin dalam pembayaran tunggakan,” tuturnya.

“Apalagi, banyak nasabah yang memiliki kartu kredit tambahan bagi keluarganya seperti anak dan isterinya. Nah kadang nasabah itu tidak sadar akan pemakaian keluarganya sendiri makanya kaget akan jumlah cicilan yang besar,” tambah Budi.

Menurut Budi, bank pasti akan melakukan restrukturisasi pembayaran ketika nasabah tidak bisa melunasi cicilan dalam jumlah besar. Hal ini, lanjut Budi merupakan sebuah kewajiban bank.

“Ketika nasabah sudah beritikad baik maka bank pasti akan memberikan solusi kepada nasabah. Karena ini merupakan kewajiban bank,” kata Dia.

(dru/hen)

GRATIS! puluhan voucher pulsa! ikuti terus berita dari DetikFinance di Hape-mu.
Ketik REG FIN kirim ke 3845 (khusus pelanggan Indosat Rp.1300/hari)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Baca juga :

  • Debt Collector Tak Surutkan Niat Punya Kartu Kredit
  • Agus Marto Ngotot Ikut Tandatangan di Uang Kertas
  • Ngaku Kebobolan Miliaran Rupiah, Anang Mengadu ke BI
Sumber:http://www.detikfinance.com/read/2011/04/04/195030/1608480/5/bi-banyak-nasabah-kartu-kredit-bandel

No comments:

Post a Comment